Ikatan Keluarga Alumni Program Pascasarjana Universitas Moestopo Gelar Halal Bihalal - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

JAKARTA - Halal bihalal merupakan tradisi yang kental dalam budaya Indonesia, terutama di kalangan umat Islam. Tradisi ini biasanya diselenggarakan setelah Hari Raya Idul Fitri sebagai sarana untuk bersilaturahmi, saling memaafkan, dan memperkuat rasa persaudaraan. 


Di Universitas Moestopo, Ikatan Keluarga Alumni Program Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) pun turut merayakan tradisi ini dengan mengadakan acara halal bihalal.


Menurut Ketua Ikatan Alumni PPs Universitas Moestopo, Drs. H. Fathan Subchi, M.A.P., acara halal bihalal ini bertujuan untuk mempererat tali persaudaraan antaralumni dan juga dengan pihak universitas. 


Acara ini juga menjadi kesempatan bagi para alumni untuk bertemu dan bernostalgia dengan teman-teman semasa kuliah.


"Dengan pertemuan ini, kita bisa merancang kolaborasi bersama para alumni agar bisa memberi support pada Universitas Moestopo, khususnya yang berkaitan dengan kajian atau seminar untuk membantu meningkatkan citra Universitas Moestopo," jelas Fathan Subchi.


Kolaborasi antara alumni dan universitas memang diperlukan. Tak heran bila Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. Budiharjo, M.Si. menjelaskan pentingnya pertemuan rutin antara alumni dan pihak kampus.


Sebab selain menjadi ajang silaturahmi, acara halal bihalal ini juga menjadi kesempatan bagi para alumni untuk berbagi informasi tentang perkembangan terkini universitas. Pada kesempatan ini, sebagai Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. Budiharjo pun turut memberikan sambutan dan memperbarui informasi mengenai program-program terbaru di universitas.


"Ajang ini merupakan ajang silaturahmi. Semoga memberikan dampak positif, serta peluang bisnis, dan berkah untuk kita semua," kata Prof. Budiharjo.


"Program Pascasarjana di Universitas Moestopo saat ini sudah memiliki akreditasi A dan mengalami perkembangan signifikan sejak pertama didirikan. Jika pada 2014/2015 hanya ada 20 orang mahasiswa, saat ini sudah hampir 500 orang. Ini tentu perkembangan yang membanggakan," lugas Prof. Budiharjo.


Beberapa alumni juga memanfaatkan acara ini untuk mengumumkan proyek-proyek yang sedang mereka kerjakan, seperti kegiatan sosial, atau usaha bisnis yang bisa memberikan manfaat bagi sesama alumni dan masyarakat luas. 


Hal ini memperlihatkan bahwa ikatan alumni Universitas Moestopo bukan hanya wadah pertemuan sosial, tetapi juga berfungsi sebagai jejaring profesional dan sumber daya bagi anggotanya.


"Kita harus maju dan berani bersaing serta berkonstribusi bagi bangsa dan negara," cetus Direktur PPs Universitas Moestopo, Prof. Dr. Ir. Hj. Triyuni Soemartono, M.M.


"Untuk sisi akademik, ke depan kita akan melakukan kerja sama dengan BRIN untuk meningkatkan penulisan ilmiah kita," tambahnya lagi.


Melihat antusiasme pada gelaran yang dihelat di Resto Pulau Dua, Jakarta pada Minggu 28 April 2024 ini, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) yang juga merupakan Pembina Ikatan Keluarga Alumni Program Pascasarjana Universitas Moestopo, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.Si. menegaskan komitmen maju bersama antar selurus sivitas akademika Universitas Moestopo.


"Kesuksesan acara halal bihalal ini mencerminkan kuatnya ikatan antara alumni dengan universitas dan sesama alumni. Diharapkan acara semacam ini dapat terus diselenggarakan setiap tahunnya untuk menjaga semangat persaudaraan dan kolaborasi di antara para alumni Universitas Moestopo," pungkas Prof. Paiman.

Related Post