FKG Universitas Moestopo Jadi Sentra Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi - Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

JAKARTA - Sebagai salah satu Fakultas Kedokteran Gigi tertua di Jakarta, FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) kembali menorehkan catatan positif. Kini, FKG Universitas Moestopo didaulat menjadi Sentra Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi.


Keputusan tersebut terangkum dalam Surat Keputusan yang dikeluarkan oleh Panitia Nasional Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi. Dengan keputusan tersebut, berarti FKG Universitas Moestopo akan menjadi sentra bagi ujian teori (CBT) dan ujian praktik (OSCE) mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi.


Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. Budiharjo, M.Si. mengatakan penunjukkan FKG sebagai pusat ujian nasional merupakan salah satu pencapaian positif, buah dari kualitas pendidikan dan pembelajaran yang sangat diperhatikan oleh FKG Universitas Moestopo.


"Hal ini bisa dianggap sebagai pembuktian bahwa FKG Universitas Moestopo adalah FKG bergengsi di Indonesia," tegas Prof. Budiharjo.


FKG Universitas Moestopo sendiri merupakan salah satu FKG swasta tertua di Indonesia yang telah mendapat status 'Terakreditasi' dan peringkat ‘Unggul’ pada dua program studi oleh Pengurus Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) 


Pertama akreditasi peringkat Unggul diberikan pada Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter Gigi dan yang kedua diberikan untuk Program Studi Profesi Dokter Gigi pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Moestopo.


Karenanya, tak heran jika sampai saat ini FKG Universitas Moestopo yang sudah menampilkan eksistensi sejak 15 Februari 1961 tercatat sudah meluluskan lebih dari 4.000 dokter gigi.


Hal lain yang menjadi kelebihan FKG Universitas Moestopo adalah fasilitas belajar. Sebab untuk menunjang pembelajaran, Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG Universitas Moestopo hadir dengan Akreditasi Paripurna Bintang 5.


"Semua pencapaian ini merupakan buah dari perjuangan yang dilakukan oleh banyak pihak, khususnya oleh sivitas FKG Universitas Moestopo. Dan pencapaian ini bisa menjadi refleksi bagi kita semua bahwa pendidikan berkualitas memang sangat diperlukan oleh bangsa Indonesia dan Universitas Moestopo berkomitmen memberikan pendidikan tinggi berkualitas bagi semua," pungkas Prof. Budiharjo.


Dekan FKG Moestopo, Dr. drg. Tjokro Prasetyadi, Sp.Ort. menambahkan bahwa pencapaian ini selaras dalam peningkatan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. 


“Dengan penetapan FKG Moestopo sebagai sentra uji nasional untuk praktik dan teori ini mendukung kami terus berperan dalam meningkatkan proses pendidikan sesuai standar,” tutup Dr. Tjokro.

Related Post