Pengabdian kepada masyarakat dari kerja sama Rumah Sakit Gigi dan Mulut, Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Kecamatan Pesanggrahan, Kelurahan Bintaro dan Puskesmas Kecamatan Pesanggrahan dimulai pagi ini (8/7) untuk mengakomodir penerima vaksin bagi sivitas akademika Moestopo dan masyarakat umum.

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mendukung Program Pemerintah dalam rangka penuntasan penyebaran COVID-19 lebih luas, salah satunya melalui program vaksinasi ini, ujar Prof. Dr. Burhanuddin Daeng Pasiga, drg., MKes. “Vaksin menjadi bagian intervensi medis untuk memperkuat imunitas,” jelas Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) lebih lanjut.

Direktur Rumah Sakit Gigi dan Mulut Moestopo, Dr. Witriana Latifa, drg., SpKGA, menambahkan bahwa agar pemberian vaksin dapat berjalan aman, para calon penerima vaksin diharapkan jujur dalam proses verifikasi dan screening terkait kondisi kesehatannya, termasuk konsumsi obat-obatan sebelum disuntikkan vaksin serta sudah sarapan dahulu sebelumnya.

Sementara Lurah Bintaro, Satia, S.IP memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan ini mematuhi protokol kesehatan. “Sentra Vaksinasi Moestopo ini merupakan salah satu yang terbaik dalam memperhatikan protokol kesehatannya, didukung peralatan medis yang lengkap dan tenaga professional dokter dan perawat.” Lebih lanjut Satia mengungkapkan bahwa sinergi antar pihak yang terkait, Sentra Vaksin-Kelurahan-Puskesmas saling mengisi, berkoordinasi dan bekerja sama dalam pelaksanaan kegiatan ini agar dapat berjalan dengan aman dan selamat.


Salah satu tindakan antisipatif yang dilakukan penyelenggara adalah dengan mengingatkan calon penerima vaksin untuk hadir dalam keadaan sehat dan mengenakan masker ganda melalui pesan teks yang dikirimkan sebelum hari-H, pengecekan suhu, mencuci tangan, masuk bilik penyemprotan diri, menjaga jarak dan mencegah kerumuman.

Beberapa mahasiswa profesi kedokteran gigi yang terlibat membantu proses screening dan mengukur tekanan darah sebagai bagian dari peningkatan keahlian merasa beruntung berkesempatan secara langsung bertemu dengan calon penerima vaksin, merupakan kolaborasi dosen (para dokter) dan mahasiswa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

195 orang terverifikasi pada kegiatan perdana Sentra Vaksinasi Moestopo, 170 diantaranya telah menerima vaksin berasal dari sivitas akademika Moestopo dan masyarakat umum usia 18 tahun ke atas. Jumlah ini merupakan kontribusi terhadap target 1.000 orang per hari seperti. yang ditetapkan oleh Kelurahan Bintaro dalam percepatan program agar dapat selesai pada Bulan Agustus 2021.

Selain dihadiri pimpinan Fakultas Kedokteran Gigi, kegiatan ini juga dimonitor secara langsung oleh pimpinan Rektorat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kelurahan Bintaro, Dewan Kota Kecamatan Pesanggrahan dan Perwakilan Polsek setempat.

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melalui RSGM FKG berkomitmen untuk membantu program pemerintah ini dengan terus melanjutkan kegiatan vaksinasi yang akan berlangsung tiap Selasa dan Kamis selama bulan Juli 2021 untuk vaksinasi tahap pertama dan bulan Agustus 2021 untuk vaksinasi tahap kedua. (Humas)

Related Post