• Email: admin@moestopo.ac.id
  • Tlp: + 6221 7252225
  • Fax: +6221 7220269

JAKARTA - Setiap tahun, Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) menjadi momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk lebih memahami dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan gigi. 


Tahun 2023 bukanlah pengecualian, dan dengan semangat yang sama, Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) bersama PT. Uniliver Indonesia Tbk. pun merayakan BKGN 2023 sebagai peringatan untuk merawat senyum kita dengan baik.


Menurut Ketua BKGN 2023, drg. Komang Krisna Dewi, M.Pd. menjelaskan jika kesehatan gigi adalah bagian integral dari kesehatan umum. Gigi dan mulut yang sehat bukan hanya tentang tampilan, tetapi juga kenyamanan dan kualitas hidup. 


Lebih dari itu, kesehatan gigi yang baik memainkan peran penting dalam pencegahan penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung, diabetes, dan gangguan pernapasan.


"Tema tahun ini, "Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat", menekankan pada pentingnya merawat kesehatan gigi dari usia muda untuk memastikan masa depan yang lebih baik," buka drg. Komang Krisna Dewi, M.Pd., Senin (30/10/2023).


"Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2023 adalah kesempatan bagi kita untuk merenungkan pentingnya merawat senyum kita. Kesehatan gigi adalah aset berharga yang tidak boleh diabaikan," kata drg. Komang Krisna Dewi, M.Pd.


"Dengan tema "Senyum Indonesia, Gigi Kuat Mulut Sehat" mari kita berkomitmen untuk menjaga kesehatan gigi kita dan memberikan masa depan yang lebih cerah bagi diri kita sendiri dan generasi mendatang. Selamat Bulan Kesehatan Gigi Nasional!," tambah Dekan FKG Universitas Moestopo, Prof. Dr. drg. Burhanuddin Daeng Pasiga, M.Kes.


Untuk perayaan kali ini, FKG Universitas Moestopo merayakannya di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Pendidikan FKG Universitas Moestopo dengan beberapa program seperti pengobatan gigi gratis, konsultasi online gratis, school health program, dan Pepsodent student ambassador mulai 30 Oktober sampai 1 November 2023.


Seperti diketahui, FKG Universitas Moestopo adalah salah satu Fakultas Kedokteran Gigi swasta tertua di Indonesia dan saat ini memiliki Program Studi Sarjana Pendidikan Dokter Gigi dan Program Studi Profesi Dokter Gigi UPDM (B) yang keduanya sudah terakreditasi UNGGUL. 


Dan untuk menunjang pembelajaran, Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM) Pendidikan FKG Universitas Moestopo hadir dengan Akreditasi Paripurna Bintang 5.


Sebelum perayaan ini digelar, FKG Universitas Moestopo telah melakukan berbagai hal seperti School Health Program (SHP) yang sudah dilaksanakan 11-27 Oktober 2023 dengan memberi penyuluhan di 2 yayasan pendidikan anak berkebutuhan khusus (disabilitas) dan 11 sekolah mulai dari PAUD, SD, SMP, sampai SMA.


"Total anak yang disuluh mencapai 5.937 anak termasuk dokter gigi cilik, 283 Kader Guru yang diberikan pelatihan Training of Trainer (TOT) serta 131 Kader Orangtua. Sekolah-sekolah ini merupakan sekolah binaan FKG Moestopo," jelas Direktur RSKGMP Universitas Moestopo, drg. Irma Binarti, MARS.


Untuk merayakan BKGN 2023, FKG Universitas Moestopo didukung oleh PT Unilever Indonesia. Karena itulah, drg. Komang Krisna Dewi, M.Pd. berterima kasih pada PT Unilever Indonesia yang telah memberikan FKG Universitas Moestopo melakukan salah satu dharma bakti dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu pengabdian masyarakat. 


"Kami berharap dalam kegiatan ini kita sama-sama dapat berkolaborasi memberikan pelayanan kepada masyarakat," cetusnya.


Perwakilan PT. Uniliver Indonesia Tbk., drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. pun mengucapkan selamat pada FKG Universitas Moestopo yang tengah merayakan BKGN 2023. Pihaknya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.


"Semoga dengan kegiatan BKGN ini kita bisa sama-sama mewujudkan kesehatan gigi Indonesia dan menyukseskan 'Indonesia Bebas Karies 2030'," pungkas drg. Ratu Mirah Afifah.

Related Post