Kemahasiswaan

Beberapa kegiatan yang dilakukan di tingkat Universitas dan Fakultas :

Universitas :

  1. Komunitas Alumni, adalah …
  2. Pusat Karir, adalah …
  3. Agrawitaka adalah Pencinta Alam satu-satunya ditingkat Universitas Prof. Dr. Moestopo.   Sejarah Berdirinya :
    Dimulai sejak pertemuan seluruh Pencinta Alam Jakarta di Pasir Rengit Bogor tahun 1982 dimana Moestopo diwakili oleh 4 Pencinta Alamnya
    Kebingungan Pihak Rektor untuk mengirimkan wakil PA ke pertemuan2 PA seluruh Indonesia (Gladi Medan) atau se Jakarta
    Pengakuan dari Fakultas Ekonomi (Mapeta) sebagai PA Universitas, maka dilakukan penelitian dan pencarian bukti yang mendukung
    Didapat bukti berupa foto peresmian Mapeta sebagai PA Fakultas Ekonomi
    Disepakati oleh para sesepuh PA di Fakultas untuk membuat kegiatan bersama dengan pendakian gunung Gede dan Gunung Rinjani
    Setelah adanya kesamaan kemudian dipersiapkan jamboree I tingkat Universitas di Gunung Bunder dengan peserta seluruh anggota PA masing2 Fakultas
    Dibentuk Panitia Kecil Pendirian Pencinta Alam tingkat Universitas yang diwakili oleh 2 orang wakil dari masing2 Fakultas untuk bekerja menyusun dan mempersiapkan PA tingkat Universitas dengan segala kelengkapannya.

Untuk mempererat hubungan dilakukan latihan bersama berupa joging disenayan sebagai persiapan untuk pemanjatan gunung parang bersama dengan universitas Atmajaya dan Skyger
Pemanjatan Gunung Parang bersama dengan Universitas Atmajaya dan Skyger
Melakukan SAR Gunung Salak bersama, atas hilangnya anak STM yang mendaki Gunung Salak ( Tim bergabung di Cidahu)
AGRAWITAKA : Perhimpunan Pendaki Gunung Penempuh Rimba yang berdiri pada tanggal 22 Agustus 1986.
Agrawitaka merupakan Unit kegiatan Mahasiswa yang merupakan peleburan dari organisasi pecinta alam empat fakultas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yaitu Pecinta Alam FKG (Fakultas Kedokteran Gigi), MAPETA (Fakultas Ekonomi), MAHATALA (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dan KHAPAL (Fakulas Ilmu Komunikasi).
Agrawitaka berasal dari bahasa sansekerta “Agra Wiana Citta Loka” yang berarti harfiah puncak nafas jiwa alam yang mengandung makna pengabdian tanpa batas, kesadaran diri tentang ciptaanNya, guna kepentingan serta dharma bakti atas rasa tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Tanah Air Indonesia.

Pada tahun 1987 AGRAWITAKA disahkan sebagai Organisasi oleh kampus dengan keluarnya :
Surat Persetujuan dan Pengesahan dari Rektor No. 227/A/R/UPDM(B)/VII/1987
Surat Keputusan No : 01/PKPPA/VIII/UPDM(B)/1987 tentang waktu, nama, tempat, tangggal dan lambang.
Stuktur Organisai AGRAWITAKA dan masa jabatan pengurus dengan SK No. 02/PKPPA/VIII/UPDM(B)/1987.
Tim formatur pemilihan pengurus Agrawitaka dengan SK No 03/PKPPA/VIII/UPDM(B)/1987.

  1. PSMI adalah…
  2. KELUARGA MAHASISEA KATOLIK (KMK), SEJARAH SINGKAT KMK, Keluarga Mahasiswa Katolik adalah  suatu persekutuan mahasiswa katolik yang didasari oleh iman kristiani dan semangat kekeluargaan dalam universitas. Selain itu Keluarga Mahasiswa Katolik juga sebagai wadah menghimpun diri mahasiswa katolik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam kebersamaan, pengembangan kerohanian serta wawasan.Keluarga Mahasiswa Katolik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) didirikan pada tanggal 7 Juli 1990. KMK UPDM(B) bersifat religius, universal, indiependen, intelektual, otonom, aspiratif, partisipatif dan demokratis. KMK UPDM(B) mempunyai maksud sebagai organisasi yang menghimpun mahasiswa yang memiliki iman katolik dan bertujuan untuk meningkatkan keimanan keimanan, persaudaraan, kreativitas, wawasan yang luas, integritas, kepedulian sosial serta pengembangan kerohanian.Anggota KMK UPDM(B) terdiri dari seluruh mahasiswa katolik fakultas kedokteran gigi, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik, fakultas komunikasi dan fakultas ekonomi.KMK adalah juga suatu organisasi kerohanian Katolik yang bernaung di bawah Universitas dan PMKAJ (Pastoral Mahasiswa Keuskupan Agung Jakarta), namun tidak terkait dengan partai politik dan organisasi masyarakat manapun. KMK berorientasi pada kegiatan kerohanian katolik dan mengacu pada Tri Dharma Perguruan TinggiKMK muncul untuk menampung dan memberi bentuk kerinduan mahasiswa Katolik di kampus untuk berkumpul dan menjalin persaudaraan dengan sahabat-sahabat mereka dalam Kristus. Sebelumnya, KMK dikenal sebagai ormas mahasiswa Katolik yang kental dengan nuansa organisasinya. KMK berusaha melengkapi itu dengan komunitas yang lebih akrab dan kekeluargaan. Tapi ini tidak membuat KMK lepas dari tanggung jawabnya sebagai bagian dari Gereja Kudus, dalam olah spiritualitas, sosialitas, intelektualitas dan solidaritas kemanusiaan yang utuh. KMK adalah basis, dasar dan ‘dapur’ dalam gerakan orang muda Katolik di lingkungan kampus. KELEMBAGAAN KMK UPDM(B)Secara kelembagaan pada awalnya kegiatan mahasiswa Katolik berada di bawah Koordinator Agama Katolik Lembaga Kerukunan Agama Yayasan UPDM(B). Kemudian dengan berkembangnya UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) maka pada dekade 1980-an dibentuk KMK sebagai bagian dari wadah oikumene KMK PMK (Persekutuan Mahasiswa Kristen). Saai ini sehubungan dengan meningkatnya kegiatan KMK, pada tahun 2002 telah mengajukan permohonan kepada rektor agar KMK dapat berdiri sendiri sebagai UKM KMK UPDM(B) dan pada tahun 2003 sudah dapat dipenuhi.

    SUSUNAN KEPENGURUSAN KMK UPDM(B)

    PERIODE 2011 – 2012

    No.

    JABATAN

    NAMA

    FAKULTAS

    1.

    Ketua Agatha Dwi Kartika Sari FIKOM 2009

    2.

    Wakil Rudolf Gernai Rambung FISIP    2009

    3.

    Sekretaris Bernadet Dini Pertiwi Rahmawati FISIP    2009

    4.

    Bendahara Nofitri Elysabeth FIKOM 2009
    Jessica Fedora FISIP    2009

    5.

    Humas Anthea Geraldine FIKOM 2009
      Gerardus Septian Kalis FIKOM 2009

    6.

    Divisi Rohani Mario Palenkahu FISIP     2009

    7.

    Divisi Fraternitas Alvin Norman FIKOM 2010
    Andike Ayu Arimbi FE          2010

    8.

    Divisi Inventaris Jacobus Adha Giri FIKOM 2010

    9.

    Divisi Olahraga Alfred Araujo Nay FISIP     2009
      Irfan Wantan FIKOM 2010

     

     

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

KEGIATAN RUTIN KMK UPDM(B)

  1. Perayaan NatalPerayaan Natal KMK diadakan pada bulan Januari untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus. Kegiatan ini diisi dengan mengadakan misa kudus ataupun aksi sosial di tempat – tempat yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Salah satunya adalah perayaan Natal di LP Cipinang. Selain itu KMK juga berperan aktif dalam perayaan Natal universitas sebagai panitia juga sebagai pengisi acara. (Foto terlampir)
  2. Perayaan PaskahPerayaan Paskah diadakan pada bulan April dan biasanya mengunjungi panti – panti sosial untuk berbagi kebahagiaan dengan mereka yang terlupakan. (foto terlampir)
  3. Ziarek (Ziarah dan Rekoleksi)Ziarek merupakan acara terbesar yang diadakan KMK setiap tahunnya. Biasanya diadakan ketika liburan semester genap. Ziarek merupakan waktu dimana kita melepaskan kesibukan dan rutinitas kita untuk mengunjungi berbagai goa Maria. KMK pernah mengunjungi goa Maria antara lain : Goa Maria Poh Sarang, Kediri; Goa Maria Sendang Retno Adi, Malang; Goa Maria Laverna, Lampung; Goa Maria Sendangsono; Goa Maria Lawangsih; Goa Maria Tritis; Hati Kudus Yesus Ganjuran, Bantul; dll. (foto terlampir)
  4. LKK (Latihan Kepemimpinan Kristiani)Merupakan bentuk kegiatan kaderisasi KMK UPMD(B) yang diadakan antara rentang bulan Oktober – November untuk memberikan pelatihan kepada anggota baru KMK UPDM(B) dan pergantian pengurus. (foto terlampir)Selain itu kegiatan KMK yang dilaksanakan untuk mengembangkan diri antara lain :
    • –          Spiritualitas : doa, retret, rekoleksi, renungan, ziarah
    • –          Capacity building : diskusi, seminar, pelatihan keterampilan, LK, diklat jurnalistik, dll
    • –          Konsolidasi komunitas : Camping, masak bersama, latihan koor, musik komunitas
    • –          Pengembangan komunitas : weekend, refleksi rutin bersama, evaluasi pengurus dan evaluasi komunitas, dll

6. PMK

7. Diamma

http://moestopo.ac.id/wp-content/uploads/diamma.jpg

 Media Informasi Masyarakat Moestopo Beragama (Diamma) adalah Unit Kegiatan Pers Mahasiswa tingkat Universitas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta. Berdiri pada akhir tahun 2000 dengan kegiatan awal diskusi, pelatihan dan penerbitan news letter dwi mingguan. Penerbitan pertama Diamma terwujud pada 10 Januari 2001, yang kemudian dijadikan sebagai hari lahir Diamma. Pada tahun 2002, Diamma diakui sebagai satu-satunya UKM pers mahasiswa di tingkat universitas. Organisasi Diamma pun melebarkan kegiatan penerbitannya dengan mulai menggarap majalah tiga bulanan, menggelar diskusi, seminar, dan workshop jurnalistik untuk kalangan internal maupun umum. Seiring perkembangan teknologi internet dan pesatnya perkembangan media online, Diamma berupaya mengembangkan sayap agar lebih dekat dengan khalayak, khususnya civitas akademika UPDMB dengan menghadirkan Diamma.com.

Sekilas Sejarah Diamma

Memulai sesuatu organisasi terutama di lingkungan kampus, tidak perlu menunggu siapnya dukungan dana dan sumberdaya manusia yang hebat dan ahli. Hal tersebut banyak dibuktikan. Contohnya Diamma. Lembaga pers kampus di Universitas Moestopo Jakarta ini, didirikan dengan secuil pengetahuan, setumpuk “kenekatan” dan niat. Bermula dari obrolan-obrolan santai di akhir tahun 2000, segelintir mahasiswa saling berbagi angan-angan memiliki media sendiri, sambil menikmati pemandangan lalu lalang para mahasiswi, ditemani suguhan kopi dan es teh manis. Obrolan tersebut tidak hanya menjadi pelengkap saat kongkow, tapi berlanjut aksi yang konkret. Format isi penerbitan sekaligus nama organisasi didiskusikan di kediaman mantan Ketua Senat FISIP (1998-1999) Lukman Hakim di Komplek Deplu, Cipadu, Tangerang. Sejumlah teman-teman gerakan mahasiswa Jammoer di antaranya Harry Purwanto (Fe 98), Yonas (alm) (FISIP 98), Damang N Lubis (FISIP 99) Kasino dan Chairil Anwar (FISIP 94), ikut menemani obrolan yang berjalan santai itu. Bermodal pengalaman magang di media nasional, dan mengikuti pelatihan jurnalistik gratis yang diselenggarakan Institut Studi Arus Informasi (ISAI), mulailah perekrutan awak dilakukan oleh Fitra Iskandar (FISIP 97) dan Muhammad Ikhsan (Fikom 96). Keduanya juga mengajak Irfan Ramadhan (Fikom 96) dan Muhammad Darghandi (Bapak  layout Diamma) untuk ikut bergabung mewujudkan mimpi membuat media kampus. Sedikit mengandalkan pendekatan senioritas yang humanis, mahasiswa baru angkatan 2000 diajak untuk mengikuti pengkaderan ala kadarnya yang dilakukan di kost-kostan Muhammad  Ikhsan  dan menumpang di ruangan Badan Perwakilan Mahasiswa FISIP, di mana saat itu Fitra Iskandar menjabat Sekum BPM FISIP. Sekitar 20 mahasiswa dari FISIP, Fikom dan FE pun bergabung.

     Untuk menambal lack of knowledge, Diamma meminta seorang wartawan media nasional Bambang Wisudo untuk berbagi ilmu dengan mengisi pelatihan. Selain itu, Irfan Ramadhan, Adang Nofiandi (Fikom 96), Wahyuli Hikmat (Fikom 94) juga menjadi pemateri. Beberapa pertemuan rutin pun digelar. Mulai sedikit percaya diri, akhirnya disepakati untuk menerbitkan media baru di Universitas Moestopo dengan nama Diamma (Media Informasi Masyarakat Moestopo). Kata “Masyarakat” dipakai karena para anggota Diamma berharap Diamma menjadi jembatan informasi tidak hanya terbatas di kalangan mahasiswa, tapi juga dosen, staf bahkan sampai penjaga kantin dan tukang sapu. Modal awal menerbitkan edisi perdana tidak lebih dari Rp150 ribu. Uang tersebut didapat dari patungan para anggota. Selain itu, pada perkembangannya sejumlah simpatisan juga ikut memberikan dukungan materil dan moril bagi Diamma yang tengah merintis. Rapat besar organisasi pertama Diamma dilakukan di Villa Adiu di Cikeretek, Bogor yang dipinjamkan secara cuma-cuma oleh sahabat kami (alm) Adit (FISIP 98). Di sinilah asas Diamma dirumuskan. Bukan Pancasila apalagi Komunis, melainkan Cinta. (Untuk yang satu ini ceritanya panjang saudara-saudara). Sebelumnya, Ketua Senat Fikom saat itu,  Indra ‘Opung’ Gunawan, juga memberi sumbangan dana. Pada waktu lain, sebuah komputer milik  Jammoer juga akhirnya dimanfaatkan untuk keperluan redaksi Diamma. Diamma edisi perdana terbit pada 10 Januari 2001 dengan format news letter. Liputan utamanya mengenai nasib pedagang kaki lima di samping kampus, yang terkena penggusuran pembangunan Gedung Bina Nusantara di Jalan Hang Lekir I. Sejumlah mahasiswa angkatan 2000 dan 1999, seperti Wina Setiawati, Ervandi ‘Ambon’ Marmidi, Teo, Rizky, Bianca, Tito, Pendi Kuntoro, Sicilia ‘garong’, Mitha, Rizky, Andri Koler, Syarif, Mitha, Yudha Wirakusuma, Dita Saraswati, Fiska, bergabung menjadi pilar utama di angkatan perintis.

     Setelah itu, muncul  generasi Rani Hardjanti, Amalia Hassan alias Lia Ulil, Asti Pratini, Damma Mita Elanur, Dila, Rossa Anggreati, dan Tri ‘Macil’. Kemudian disusul generasi Desy Sukam, Theresia Oktavina, Hanna Malau, Arum Citra, Anggowo, yang hingga titik darah penghabisan alias lulus kuliah, memberi bobot pada eksistensi Diamma. Sebenarnya, masih banyak nama lain yang telah ikut mewarnai perkembangan awal Diamma. Sekitar satu tahun, Diamma terbit konsisten dua minggu sekali, sebelum akhirnya berganti format menjadi majalah yang terbit sebulan sekali, dan kini menjadi tiga bulan sekali ditambah news letter dua mingguan. Pada tahun 2002, seluruh elemen kampus di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengakui keberadaan Diamma. Akhirnya Diamma menjadi Lembaga Pers yang diangkat menjadi salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), di tingkat Universitas  UPDM (B). Dalam perjalanannya, Diamma berkembang menjadi organisasi yang sangat dinamis dan sarat aktifitas. Tidak hanya bergerak dalam bidang penerbitan, Diamma juga rutin menggelar pelatihan dan seminar. Baik dengan skala kecil maupun besar.  Munculnya Diamma.com juga merupakan salah satu terobosan organisasi ini untuk terus berkembang mengikuti zaman. Diamma.com diprakarsai angkatan IX di bawah kepemimpinan, Didi Permadi, Dian Paramitha, dan Putri Rizky Dwisumarti, & Kharizma Ahmada.

Sekian, sekelumit cerita tentang kami. Semoga Diamma terus “Progresif Mengukir Perubahan” … Kita-Satu, Kita-Sama, Cinta-Diamma.

Visi
Menjadikan Lembaga Pers Mahasiswa yang Independent dan sebagai wadah untuk pencerahan intelektual bagi mahasiswa UPDM (B) seluruhnya.

Misi
Mengadakan pelatihan – pelatihan yang berhubungan dengan kegiatan organisasi dan jurnalistik dan mengeluarkan terbitan atau media cetak yang diperuntukan bagi civitas akademika UPDM (B).

Motto Diamma
“Progresif Mengukir Perubahan” Bermakna bahwa UKM Diamma sebagai organisasi pers yang selalu berpikiran maju ke arah yang lebih baik dan peka terhadap kehidupan sosial.

 Stuktur Organisasi

DIVISI ORGANISASI
Mahesa Nur Syafe’I Pemimpin Umum Fikom 2011
Tio Raja Sulaiman Sekretaris Umum Fikom 2011
Hanna Nur Fadhilah Humas Fikom 2012
Gabrielly  Andini Kordinator Mading Fikom 2012
DIVISI KEREDAKSIAN
Fitriana Hidemi Pemimpin Redaksi Fikom 2011
Dewi Savitri Redaktur Pelaksana Fikom 2011
Rizky Miftachul Akbar Kordinator Liputan Fikom 2012
Annisa Pratiwi Redaktur Cetak Fikom 2012
Agusto Reynaldo Redaktur Cetak FISIP 2012
Zeldjian Poetera  Athallah Redaktur Online Fikom 2011
Rachma Putri Utami Redaktur Online Fikom 2012
Arimbi Puspita Ratri Redaktur Warta FISIP 2012
Edward Seisar Baringbing Redaktur Warta FISIP 2012
Sofiando Finailyawan Redaktur Diamma Tv / Foto Fikom 2012
Hafdal Syahputra Redaktur Diamma Tv / Foto FISIP 2012
Ahmad Subagia Kordinator Design FISIP 2012
Bayu Prasetyo Layouter Fikom 2012
DIVISI PERUSAHAAN
Sri Rizqi Gustiarini Pemimpin Perusahaan Fikom 2011
Al-Bastha Rayhanul Hanief Kewirausahaan Fikom 2011
Dede Tomi Setiawan Kewirausahaan Fikom 2012
Eka Trisnawaty Iklan & Pemasaran Fikom 2012
Nurkholis Percetakan FISIP 2012
DIVISI PELATIHAN PENGEMBANGAN DAN JARINGAN
Siti Farhani Pemimpin Latbang Fikom 2011
Gabriella Andina SDM Fikom 2012
Praninda Sheilalita Pengembangan Jaringan FISIP 2012
Wulan Fitria Bank Data Fikom 2012
Amos Sury’el Tauruy Bidang Keilmuan FISIP 2012
KEGIATAN LPM DIAMMA
1. Perayaan Ulang Tahun LPM Diamma
2. Penerimaan Anggota Baru (PAB)
3. Pelatihan Jurnalistik
4. Aksi Sosial
5. Kuliah Umum Berbasis Jurnalistik
6. Study Banding Ke Beberapa LPM Yang Ada Di Indonesia
7. Kunjungan Ke Media Nasional
8. Forum Dialog Insan Diamma (FORDIM)
Program Pascasarjana :

Fakultas Kedokteran Gigi :

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)
  2. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
  3. Senat mahasiswa

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik :

  1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)
  2. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)
  3. Senat Mahasiswa
  4. HMJ AN
  5. HMJ HI

Fakultas Ekonomi

1. Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)

2. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)

3. Senat mahasiswa

Fakultas Ilmu Komunikasi :

1.  Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)

2. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)

3. Senat Mahasiswa

4. Telefikom

  1. TELEFIKOM FOTOGRAFI adalah Wadah Kegiatan Mahasiswa (WKM) pecinta fotografi di Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama) yang berdiri sejak  11 November 1991 dan sudah mempunyai 21 angkatan. TELEFIKOM FOTOGRAFI sebagai sarana mahasiswa FIKOM UPDM (B) dalam mempelajari fotografi teknis maupun non – teknis serta pembelajaran mengenai organisasi.

    TELEFIKOM FOTOGRAFI tergabung dalam Persatuan Fotografi Mahasiswa (PANORAMA) yang terdiri Dari 22 kampus di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kegiatan TELEFIKOM FOTOGRAFI adalah pameran, seminar dan workshop fotografi, hunting foto 1 dan hunting foto 2, serta majalah dinding. Pendidikan dan pelatihan (Diklat)  Fotografi dan Organisasi untuk mengembangkan kemampuan dan regenarasi anggota baru. Musyawarah kerja untuk memantapkan kerja kearah yang lebih baik.

    TELEFIKOM FOTOGRAFI  telah menyelengarakan kegiatan Pameran Fotografi dan sangat sukses, antara lain:

    •  Pameran Foto “Cinta dan Kasih Sayang”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2005, Jakarta
    • Pameran Foto “Cahaya Jiwa”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama),2005, Jakarta
    • Pameran Foto “Baduy, Emas di Selatan Banten”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama),2006 dipamerkan di 11 kampus Jakarta dan Depok
    • Pameran Foto “Momentum”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama),2006, Jakarta
    • PameranFoto “Break The Rules”, Universitas Prof. DR. Moestopo(Beragama), 2007, Jakarta
    • PameranFoto “Imaginary Art Of Nature”, Museum Bank Mandiri, 2007, Jakarta
    • PameranFoto “Reality On The Street”, Universitas Prof. DR. Moestopo(Beragama), 2008, Jakarta
    • Pameran Foto “Jejaka Perawan”, Galeri Oktagon, 2008, Jakarta
    • Pameran Foto “Tetesan Keringat Emas”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama),2009, Jakarta
    • Pameran Foto “After Image”, Galeri 678, 2009, Jakarta
    • Pameran Foto “PUTIH DI ATAS HITAM”, Uni­­­­­­­versitas Prof. DR. Moestopo (Beragama),2010
    • PameranFoto “IMAJIKU KREASIKU”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2010
    • PameranFoto “ME vs The World”,GaleriOktagon, 2010, Jakarta
    • Pameran Foto “Kecerian dalam Kesederhanaan”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2011, Jakarta
    • Pameran Foto ”Cinta”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2011, Jakarta
    • Pameran Foto ” Melody Of Life”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2012, Jakarta
    • Pameran Foto ”Eye Catching”, Universitas Prof. DR. Moestopo (Beragama), 2012, Jakarta
    • Pameran Foto ”JAngKARmaTA”, Green Artspace, 2012, Jakarta­­­­­­
  2. Theater
  3. Media Publika
  4. Kosmik
  5. Basketball

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

viewporntube indobokep