• Email: admin@moestopo.ac.id
  • Tlp: + 6221 7252225
  • Fax: +6221 7220269


JAKARTA - Di tengah era globalisasi saat ini, kemampuan bahasa asing adalah salah satu hal vital yang harus dikuasai. Selain bahasa Inggris, bahasa Mandarin pun juga merupakan bahasa internasional yang patut untuk dipelajari.

 

Karena itu, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mulai membuka kelas bahasa Mandarin, berkolaborasi dengan Capital Normal University, Beijing, China.

 

Pembukaan kelas bahasa Mandarin di era globalisasi ini dirasa penting. Sebab menurut Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn., bahasa Mandarin saat ini telah menjelma menjadi salah satu bahasa penting dunia.

 

"Komunikasi memerlukan kemampuan berbahasa, sebab dengan komunikasi perbedaan pandangan bisa terjembatani," ujar Prof. Rudy, Jumat (11/03/2022).

 

Kelas bahasa Mandarin ini, lanjut Prof. Rudy, sudah dimulai Jumat ini dengan diasuh secara daring oleh para pengampu yang mumpuni dari jurusan keguruan bahasa Mandarin Capital Normal University.

 

Peminatan untuk mempelajari bahasa Mandarin sangat tinggi , para mahasiswa dari 4 fakultas yakni dari Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Ilmu Komunikasi yang tertarik mempelajari bahasa Mandarin.

 

"Untuk kelas Bahasa Mandarin, ada 153 peserta lintas fakultas yang terbagi menjadi 11 kelas. Pembukaan kelas bahasa Mandarin menjadi bukti Universitas Moestopo selalu berinovasi menjawab kebutuhan zaman," papar Wakil  Rektor III Bidang Kerjasama dan Pengembangan Dr. Prasetya Yoga Santoso M.M.

 

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sendiri telah lama membuka kelas bahasa Inggris, dan dengan pembukaan kelas bahasa Mandarin ini diharapkan mahasiswa mendapat tambahan keahlian yang akan berguna di dunia kerja.

 

"Pembukaan bahasa Mandarin diharapkan bisa meningkatkan kompetensi keahlian akademis mahasiswa yang pada akhirnya membuat lulusan Universitas Moestopo menjadi pribadi-pribadi yang kompeten," lugas Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Andriansyah, M.Si.

 

Related Post