• Email: admin@moestopo.ac.id
  • Tlp: + 6221 7252225
  • Fax: +6221 7220269

JAKARTA - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) merupakan salah satu tempat lahir dokter gigi terkemuka di Indonesia. Terkini, FKG Universitas Moestopo mengangkat sumpah 113 dokter gigi baru yang siap melayani masyarakat Indonesia.


Seperti diketahui, FKG Universitas Moestopo merupakan salah satu FKG tertua di Indonesia karena sudah menampilkan eksistensi sejak 15 Februari 1961. Karenanya, tak heran jika sampai saat ini FKG Universitas Moestopo tercatat sudah mengangkat lebih dari 4.000 dokter dokter gigi.


Hal ini, menurut Rektor Universitas Moestopo, Prof. Dr. H. Paiman Raharjo, M.M., M.Si., merupakan prestasi yang mengagumkan. Sebab di Indonesia tercatat ada lebih dari 40 ribu dokter gigi. Dengan begitu, sumbangsih FKG Universitas Moestopo tidaklah kecil.


"Universitas Moestopo tidak kalah dengan universitas negeri. Artinya, putra-putri bapak dan ibu adalah kader penerus bangsa ini. Saya harapkan para dokter gigi baru mampu jaga profesionalitas, abdikan diri saudara secara profesional," pesan Prof. Paiman, Senin (20/02/2022).


Pada kesempatan yang sama, Dekan FKG Universitas Moestopo, Prof. Dr. drg. Burhanuddin Daeng Pasiga, M.Kes. mengatakan bila dirinya merasa sangat bangga. Karena mahasiswa FKG Universitas Moestopo yang lulus tepat waktu mencapai 94,9 persen. Padahal standar nasional saja masih di angka 70-80 persen.


"Itu artinya, FKG Universitas Moestopo telah melampaui standar nasional. Seluruh IPK yang lulus kali ini di atas 3.5, bahkan jika biasanya hanya ada 1-2 orang yang mampu lulus dengan predikat cumlaude, untuk kali ini ada 36 mahasiswa FKG Universitas Moestopo yang mampu lulus dengan predikat cumlaude di satu angkatan kelulusan. Ini tentu istimewa sekali," papar Prof. Burhanuddin.


"Lalu ada 95 persen yang lulus ujian teori pada ujian kompetensi nasional. Sedangkan ujian klinik yang diawasi oleh 13 orang dari FKG seluruh Indonesia tingkat kelulusannya mencapai 99 persen. Ini merupakan kebahagiaan yang sangat luar biasa," jelas Prof. Burhanuddin.


Menurut Prof. Burhanuddin pencapaian ini menjadi bukti kualitas pembelajaran di FKG Universitas Moestopo yang sudah memiliki Akreditasi A dan disokong oleh Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) dengan Akreditasi Paripurna yang akan segera naik statusnya menjadi RSGM Pendidikan.


Namun pengangkatan sumpah dokter gigi ini menurut drg. Tsalsa Gustani, S.KG bukanlah akhir dari segalanya. Malahan, pengangkatan sumpah ini menurutnya merupakan awal dari perjalanan panjang.


"Saya beserta teman-teman yang telah diambil sumpahnya hari ini menyadari bahwa ini merupakan awal yang penting bagi kami. Pencapaian ini bukan hal yang gampang buat kita karena bertahun tahun kami di bimbing dengan baik, dan dibekali tidak hanya teori keilmuan, tetapi juga praktik yang mengasah keterampilan dan meningkatkan kompetensi" kata drg. 


Tsalsa sendiri merupakan mahasiswa terbaik dengan prestasi lulus 3 besar nasional pada Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter Gigi Periode I tahun 2023.

Related Post