UPDM (B) Deklarasi Anti Narkoba Bersama ARTIPENA

 Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menghadiri Deklarasi Anti Narkoba yang diikuti oleh 5000 mahasiswa dari 71 kampus se-Indonesia, yang diselenggrakan di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa (25/4). Pada kesempatan tersebut UPDM (B) terpilih menjadi salah satu dari 12 kampus Deklarator Anti Narkoba. Hadir dalam acara tersebut seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Artipena seluruh Indonesia.

Tingginya angka penyalahgunaan narkoba oleh banyak kalangan di Indonesia menjadikan Pemerintah Indonesia menetapkan darurat narkoba sejak tahun 2014 hingga saat ini. Data penyalahgunaan narkoba setiap tahunya semakin meningkat, karenanya perlu Strategi bersama dari berbagai elemen masyarakat, perguruan tinggi serta aparat pemerintah, pihak Kepolisian dan Badan Nasional Anti Narkotika (BNN) dalam memerangi bahaya narkoba.

Data dari BNN menyebutkan sejak tahun 2014, jumlah kasus narkotika, psikotropika dan bahan berbahaya mencapai angka 35.666 kasus. Sedangkan barang bukti yang berhasil disita sebanyak 1,1 ton sabu, heroin 11,9 kg, daun ganja 68,1 ton, ekstasy 487.453 butir. Dan tahun 2015, meningkat mencapai 40.827 kasus, dengan barang bukti sabu yang ditangkap sebanyak empat ton, ekstasy 1,4 juta butir. Begitu juga tahun 2016, naik menjadi 45.252 kasus, dengan barang bukti sabu 4,5 ton, sabu cair 52,2 kg dan ekstasy 1,7 juta butir.

Dasar dari Deklarasi Anti Narkoba tersebut dikarenakan penggunaan dan penyalahgunaan narkoba sudah sangat mengkhawatirkan bagi seluruh elemen bangsa dan negara. Oleh karena itu perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia, khusunya UPDM (B) merapatkan barisan memperkuat arah dan perjuangan serta mengambil langkah kongkrit melalui aliansi perguruan tinggi yang berkomitmen penuh perang melawan peredaran narkoba dikalangan mahasiswa.

Deklarasi diisi dengan kuliah Umum dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia Bapak Jenderal Polisi Tito Karnavian, dengan mengusung tema “ Tantangan Kebhinekaan Dalam Era Demokrasi Dan Globalisasi”.

Acara ditutup dengan foto bersama seluruh pengurus ARTIPENA dengan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Bapak Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Isy/ Humas UPDM (B)

Lembaga Uji Kompetensi Fikom UPDM (B) Menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan

Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) kembali menggelar Uji Kompetesi Wartawan di Kampus III UPDM (B) Jl. Swadarma Raya Ulujami Jakarta Selatan, pada Jum’at (21/4). Uji Kompetensi wartawan ini sebagai salah satu mendapatkan Kartu Pers yang dikeluarkan oleh PWI. Hadir dalam acara tersebut Wakil Retor III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso,. M.Sc, Dekan Fikom UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM dan Wadek I Fikom UPDM (B) H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si, dihadiri pula Direktur Uji Kompetensi PWI Pusat Dr. Usman Yatim.

Dekan Fikom UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM dalam sambutannya mengatakan selamat datang kepada para peserta uji kompetensi, dan berharap para peserta dapat melaksanakan ujian kompetensi ini dengan baik dan lancar.

Direktur Uji Kompetensi PWI Pusat Dr. Usman Yatim mengatakan bahwa uji kompetensi khusus wartawan sudah 200 angkatan. Uji kompetensi bisa dilihat dari aspek historis yaitu perjalanan panjang, aspek psikologis, dan aspek sosiologis yaitu digunakan lebih kepada tuntunan historis sosiologis, sehingga pada tahun 2015 di Palembang masyarakat pers berkomitmen untuk melakukan uji kompetensi.

Warek III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso,. M.Sc, dalam sambutannya mengatakan Fikom UPDM (B) mudah-mudahan kerja sama yang dilaksanakan dari tahun 2015 dengan PWI dapat berlanjut terus, semua peserta diharapkan dapat lulus dan mendapatkan kartu pers.

Acara dibuka oleh Warek III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso,. M.Sc.

Isy/ Humas UPDM (B)

Talk Show Radio Mustang 88FM #SafetyCanBeFun

Jakarta, 11 April 2017

Dalam kerja sama promosi Mustang Radio 88FM dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), pada hari Selasa tanggal 11 April 2017 Jam 10.00-12.00 bertempat di Aula Kampus FKG Lantai 6 Kampus II UPDM(B) Jl. Bintaro Permai Raya No. 3 Jakarta Selatan diadakan Talk Show #SafetyCanBeFun dengan topik “Edukasi Kesehatan Remaja” dengan pembicara Dr. Ratih Purwarini dari Komnas Perempuan dengan performance Teddy Adhitya.

Acara dibuka oleh Dekan FKG Dr. Paulus Januar, drg., MS. Mewakili rektor dan jajarannya yang tidak dapat hadir karena adanya acara lain yang bersamaan dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada pembicara dan Mustang Radio dikarenakan Dekan akan mengikuti acara dengan Rektor dan jajarannya dikampus I Hanglekir.

Talk Show dengan topik “Edukasi Kesehatan Remaja” dijabarkan dan dibahas oleh Dr. Ratih Purwarini dengan lugas dan menarik sehingga tidak terjadi kejenuhan dan bentuk interaksi dengan dimulai game yang membuat acara lebih menarik, acara juga dengan tanya jawab langsung kepada peserta dan juga tanya jawab dari peserta.

Acara dimeriahkan dengan tampilan dari Teddy Adhitya dengan lagu-lagunya yang cukup populer dikenal dikalangan anak muda sekarang terutama bagi para peserta Talk Show, sehingga penampilannya menambah hidup suasana ditambah dengan ajakan kepada audience untuk turut bernyanyi lagu yang dibawakan.

Acara diakhiri dengan foto bersama dengan semua panitia dan pengisi acara serta pembagian sertifikat keikutsertaan dalam acara Talk Show #SafetyCanBeFun dengan topik “Edukasi Kesehatan Remaja”

Humas-sl

Penandatanganan Mou FIKOM UPDM (B) dengan IISIP Yapis Biak

Jakarta, 11 April 2017

Untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kampus serta untuk mempersiapkan diri dalam rangka akreditasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dengan Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP) Yapis Biak mengadakan MoU dalam bidang Pendidikan, Pengajaran, Penelitian maupun Pengabdian kepada masyarakat yang diadakan pada hari Senin tanggal 10 April 2017 jam 15.00 sampai dengan selesai di Ruang Rapat Rektorat lantai I Jl. Hanglekir I No. 8 Jakarta Pusat (Kampus I)

Acara dibuka oleh Wakil Dekan I H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si, dilanjutkan dengan  Drs. Djamil Hasim, Msi Wakil Rektor I yang menjelaskan maksud dan tujuannya. Dekan FIKOM UPDM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM. dalam sambutannya menyambut baik kerja sama ini semoga dapat berlanjut kebidang yang lebih dan dapat saling berkunjung, selanjutnya sambutan Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. yang mewakili Rektor yang tidak bisa hadir karena kesibukannya.

Penandatanganan MoU dilakukan antara Dekan IISIP Yapis Biak Mohamad Sudi, SE, Msi dengan Dekan FIKOM UPDM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM. Yang dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari masing-masing kampus, juga dari Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc.  kepada Drs. Djamil Hasim, Msi Wakil Rektor I,  dan yang terakhir diberikan dari Wakil Dekan I H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si kepada Ibu. Musdalifah Haz, SE sebagai Bendahara Universitas.

Acara ditutup dengan pembacaan doa oleh H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si, dan makan sore bersama direstaurant di sekitar kampus yang cukup digemari oleh para mahasiswa dan dosen, semoga MoU ini dapat diterapkan di kampus kita tercinta dan dapat dikembangkan keseluruhan potensi civitas academika kedua belah pihak………………..aamiinnnnnn…

Humas – sl