PEMBERIAN HADIAH LOMBA VIDEO PENDEK DALAM RANGKA MENYAMBUT HARI PAHLAWAN 10 NOVEMBER 2017

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam rangka menyambut Hari Pahlawan 10 November 2017 mengadakan lomba video pendek yang mengusung tema  “Semangat Muda Untuk Indonesia”. Lomba berlangsung dari tanggal 26 September 2017 sampai dengan 1 November 2017 dengan durasi video 1 – 3 menit dengan mengangkat semangat kepahlawanan Prof. Dr. Moestopo.

Pemenang lomba video pendek yaitu : juara I :  Supo Reyhan Withasena (FKG), Juara 2 : Aden Sety (Fikom), Juara 3 : Agitha MP (FKG). Penyerahan hadiah dilakukan oleh Dr. Bambang Winarso, M.Sc (Wakil Rektor III UPDM (B)), Dr. Mediana Handayani, M.Si (Ka.Biro Pengembangan & Kerja Sama UPDM (B)), dan drg. Ferry jaya, M.Si (Kepala Pusat Pemasaran dan Humas UPDM (B)), Pada hari Jum’at, tanggal 17 November 2017 di Ruang Wakil Rektor III UPDM (B) Jakarta. Acara ditutup dengan foto bersama. (Isy-Humas)

 

Studium Generale Increasing Indonesia-Latin America Relations in the Changing Global Affairs

Studium generale dilaksanakan di kampus I Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), diawali dengan penandatanganan MoU antara Universidad Nacional La Plata, Argentina dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Indonesia oleh  Prof. Ezequiel Ramoeneda dari koordinator Center for Southeast Asian Studies dan Andre Ardi, S.Sos. M.Si Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) disaksikan oleh H.E. Ambassador Mr. Ricardo Louis Bocalandro dari Kedutaan Argentina. Kegiatan tersebut diadakan pada kamis, 16 November 2017 di Aula Fisip Kampus I UPDM (B) Jakarta.

Hadir dalam kegiatan terserbut Wakil Rektor III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso, M.Sc, Dekan Fisip UPDM (B) Dr. Taufiqurokhman, M.Si dan jajarannya, serta  dosen di lingkungan UPDM (B), dan Kedutaan Besar Argentina di Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemenlu RI.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III UPDM (B). Dilanjutkan dengan Kuliah tamu disampaikan oleh Prof. Ezequiel Ramoeneda Center for Southeast Asian Studies tentang Increasing Indonesia-Latin America Relations in the Changing Global Affairs. Dimoderatori oleh Ibu Kesi Yovana, dosen sekaligus pendiri Centre for Latin America. Dalam paparannya dijelaskan mengenai bagaimana meningkatkan hubungan antar negara-negara Asia dan Amerika Latin dengan adanya beberapa persamaan antara negara-negara Asia dan Amerika Latin. Dalam kuliah umum tersebut dapat diketahui bahwa kedua belah pihak memiliki latar belakang negara yang hampir sama. Sehingga dalam menghadapi perkembangan dunia kedua belah pihak dapat saling sharing sehingga dinilai penting dalam melakukan peningkatan hubungan ini untuk saling berbagi pengalaman satu sama lain.

Setelah sesi studium generale, terdapat sesi tanya jawab. Pertanyaan datang dari beberapa mahasiswa seputar bagaimana upaya peningkatan hubungan Asia dan Amerika Latin khususnya dalam bidang budaya dan pendidikan. Acara ditutup dengan pemberian cindera mata kepada Prof. Ezequiel Ramoeneda Center for Southeast Asian Studies dan H.E. Ambassador Mr. Ricardo Louis Bocalandro dari Kedutaan Argentina oleh Wakil Dekan Fisip UPDM (B) dan  Wakil Rektor III UPDM (B).

Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional di UPDM (B)

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menyelenggarakan Pelatihan Penulisan Jurnal Internasional bagi para dosen UPDM (B). Pembicara dalam acara tersebut Prof. Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM. Acara diselenggarakan pada hari Senin, 6 November 2017, di Kampus FKG lt. 6 Bintaro Permai, Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Dr. Andriansyah, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc, serta para dosen UPDM (B).

Dalam paparannya Prof. Dr. Ir. Triyuni Soemartono, MM menyampaikan bagaimana kiat-kiat menulis jurnal internasional yaitu : Kualitas penelitian yang baik; Kualitas tulisan yang baik; Berlatih secara terus-menerus dalam menulis paper standar jurnal internasional; Pilih jurnal internasional yang sesuai; Merespon komentar reviewer dan editor secara positif dan konstruktif.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Dharma Penelitian, serta untuk meningkatkan kuantitas penulisan jurnal internasional di UPDM (B). Acara ditutup dengan foto bersama. (Isy-Humas UPDM (B)

Sosialisasi SINTA di UPDM (B)

 Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan SINTA (Sosialisai Science and Technology Index) oleh Dr. Lukman, ST, M.Hum. Acara diselenggarakan pada hari Senin, 6 November 2017, di Kampus FKG lt. 6 Bintaro Permai, Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Dr. Andriansyah, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc, serta para dosen  UPDM (B).

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

SINTA berbeda dengan alat pengindeks yang sudah ada, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia Science and Technology Index (InaSTI) dan Indonesian Publication Index (IPI). Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score.

SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen. Dosen juga dianggap sebagai peneliti karena disamping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga kedua profesi inilah yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan indeks publikasi jurnal ilmiah di negara kita.

Syarat untuk dapat mendaftar atau registrasi di Portal Sinta tidaklah sulit, hanya mengisi email dan mengisi beberapa identitas diri, seperti: Nama Lengkap, Status (Peneliti / Dosen), Nomor Induk Dosen (NIDN), Instansi tempat kerja, Jabatan dalam pekerjaan.  (isy-Humas)

 

 

Siberkreasi Netizen Fair 2017

Jakarta, 30 Oktober 2017

Peluncuran Gerakan Nasional Literasi Digital Netizen berkarya, cerahkan dunia maya dilaksanakan pada hari Jum’at dan sabtu tanggal 27-28 Oktober di JIEXPO Kemayoran yang dimulai dari jam 8.00 pagi sampai dengan jam 22.00 malam, kegiatan yang ada antara lain Event, Performance, Collaborative Event, Creative Space, Digital Campaign dan Booth dengan artis-artis yang banyak diganrungi anak muda serta presenter yang banyak diperhitungkan untuk ditonton dan dikaji dan tanggal 5 November diarena Car Free Day di Bundaran HI.

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Universitas Al Azhar Indonesia mewakili Jaringan Pegiat Literasi Digital dari 52 peneliti dan akademisi dari 25 Perguruan Tinggi di Indonesia yang meneliti gerakan literasi digital di Yogyakarta, Salatiga, Semarang, Surakarta, Malang, Bandung, Banjarmasin, Bali dan Jakarta dan bersedia menjadi mitra bagi masyarakat dalam melakukan sosialisasi dan edukasi literasi digital baik di keluarga, sekolah, maupun negara dalam bentuk seminar workshop maupun sebagai konsultan dengan menampilkan Booth dengan hasil penelitian yang telah dilakukannya.

Acara ditutup pada Sabtu malam tanggal 28 Oktober 2017 oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Bapak Rudiantara dengan didampingi oleh Mata Najwa dan seluruh pengisi acara dengan didahului pembagian hadiah untuk para pemenang lomba antara lain untuk katagori Video Sketsa Terbaik, Musik Positif Terbaik, Video Positif Terbaik Wanita, Video Positif Terbaik Pria dan Vlog Terbaik dengan mendapatkan Piala dan uang Tunai dan ditutup dengan penampilan GAC yang membuat suasana jadi meriah karena Bandnya anak muda.

Sebelum pulang dalam Bapak Rudiantara berkesempatan meninjau stand yang berada dalam kelompok Digital Community dan Digital Networking dan berbincang dengan para penggiat dimasing-masing stand yang dilalui serta berfoto bersama.

Humas – sl   

Mahasiswa/i Moestopo Menyumbang 6 Emas 2 Perak 2 Perunggu Dalam Kejuaraan POMNas di Makassar

Mahasiswa/i UPDM (B) ikut serta dalam Pekan Olah Raga Mahasiswa nasional (POMNas) XV tahun 2017 yang diselenggarakan pada tanggal 14-21 Oktober 2017 diikuti 2.645 atlet serta 1.096 official dari 33 kontingen provinsidi Gedung Olah Raga (GOR) Universitas Hasanuddin, Makassar. Ada 16 cabang olah raga yang dipertandingkan antara lain : Futsal, Sepak Takraw, Catur, Renang, Bulu Tangkis, Volly, Basket, Karate, Atletik dan sejumlah nomor cabang lainnya.

Dalam even olah raga antar mahasiswa se Indonesia itu, juara umum direbut kontingen provinsi DKI Jakarta dengan merebut 51 medali emas, dan Mahasiswa/i Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Menyumbang 6 Medali Emas, 2 Perak dan 2 perunggu. Mahasiswa/i tersebut yaitu Bilal Bilano (Fisip) 2 emas 800m, estafet 4x400m dan 1 perak 1500m, Tiyas Murtiningsih (Fisip) 2 emas estafet 4x100m, 4x400m dan 1 perak lari 100m, Tresna Puspita Gusti Ayu (Fikom) 1 emas lempar cakram dan 1 perunggu tolak peluru, Rio maholtra (fisip) 1 emas estafet 4x400m, Abdul Hafidz (Fisip) 1 emas lempar lembing, Ken Ayuthaya Purnama (Fisip) 1 emas estafet 4x400m.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I UPDM (B) Dr. Andriansyah, M.Si, Dekan Fisip UPDM (B) Dr. Taufiqurokhman, M.Si, Dekan Fikom UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM, serta Kabag. Kemahasiswaan dan Alumni UPDM (B) Bayquni, S.Sos, M.Ikom.

Seluruh Civitas Akademika mengucapkan selamat dan sukses bagi atlet-atlet Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang telah berhasil meraih prestasi yang terbaik dalam kejuaraan POMNas Se-Indonesia. (Isy-Humas)

Moestopo Choir Mengisi Acara Serial Diskusi Nusantara spesial HUT DPD RI Ke-13

Moestopo Choir, paduan suara Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang terdiri mahasiswa-mahasiswi dari Fakultas Ilmu Sosisal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Kedokteran Gigi, mengisi acara Serial Diskusi Nusantara spesial HUT DPD RI Ke-13 dilaksanakan pada Kamis, 19 Oktober 2017 di Lobby Gedung DPD RI Jakarta. Undangan disampaikan oleh pihak DPD RI untuk menyemarakkan kegiatan yang melibatkan beberapa nara sumber antara lain: pakar ilmu komunikasi politik, Prof. Dr. Tjipta Lesmana  dan pakar hukum tata negara, Dr. Hamdan Zoelva, SH, MH. (Isy-Humas)

 

 

 

Kuliah Umum Mahasiswa Baru FIKOM UPDM(B)

Sebagai tanda dimulainya perkuliahan Tahun Akademik  2017/2018 untuk mahasiswa baru FIKOM UPDM(B) mengadakan kuliah umum pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2017 bertempat di Wisma Kantor Kemenpora Senayan Jakarta Pusat dengan Thema “Character Building, Entrepreneurship dan Entertainment” Broadcast Television : Trends and Implications, yang diikuti kurang lebih 360 mahasiswa Baru.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh yang hadir dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FIKOM UDPM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM. yang mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang diberikan disela kesibukan bapak Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD.,  untuk hadir diacara Kuliah Umum bagi mahasiswa baru selanjutnya sambutan Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. yang mewakili Rektor  yang sedikit bernostalgia sewaktu masih di TVRI Yogyakarta dengan acara Plengkung Gading yang digarap bersama dan menjadi acara yang banyak digemari/ditonton masyarakat. Sebagai Pembicara sesi pertama adalah Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD., Mantan Menko Kesra dan Taskin RI dengan judul pembahasan “Membangun Karakter dan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme, serta Pembanggaan Pada Generasi Muda Dalam Menjawab Tantangan Masa Depan” didampingi oleh moderator H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si

Dalam pembahasannya ditekankan peranan Strategi Komunikasi untuk membangun kepercayaan dan hasil nyata dimana peranan komunikasi dalam mengantar pembangunan yang memerlukan dukungan rakyat banyak, Pengembangan Strategi, Perkembangan Strategi, Arahan Strategi, Strategi Mutakhir dari sikap ke tingkah laku. Mulai dari orang melihat, mendengar dan akhirnya mengadopsi dan melakukan sesuatu yang dipengaruhinya. Komponen komunikasi harus diperhatikan seperti Komunikator yang kredibilitasnya dijamin, Sasaran langsung atau melalui jaringan pendukung juga diperhatikan pendukung budaya yang berpengaruh pada sasaran yang harus tepat dan terukur, Gaya Komunikasi dan strategi pesan harus menarik dan subtansinya tertanam.

Hadir pada acara itu para Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. , Dekan FIKOM UDPM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM.  dan wakil dari Fakultas Ekonomi dan para dosen FIKOM UPDM(B). Pembicara kedua adalah Desi Anwar dengan pembahasan ”Tantangan dan Masa Depan Media di Indonesia, Berkarier di Dunia Broadcast” yang didampingi moderator Nadia Rudiyanto, S.Sos., M.Ikom

Dalam penjelasannya lebih menekankan pada kehidupan dunia broadcasting dan langkah-langkah apa saja yang dilakukannya untuk mencapai apa yang sekarang telah diraihnya yaitu posisi yang banyak diidamkan oleh banyak orang yang bergelut dalam bidang broadcast juga dijabarkan suka dan dukanya serta apa saja yang harus disiapkan untuk dapat terjun dibidang broadcast.

Kedua sesi tersebut diisi dengan tanya jawab oleh para mahasiswa baru dan ditutup dengan penyerahan pelakat dan cindera mata dari Dekan FIKOM kepada pembicara dan Penyerahan SK Guru Besar untuk Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD.,  yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. serta ditutup dengan foto bersama.

Humas – sl  

viewporntube indobokep