‘Etika & Logika Penting untuk Kemajuan Bangsa’

JAKARTA – Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Universitas Gadjah Mada sepakat bila etika dan logika sangatlah penting untuk kemajuan bangsa.

Sebab etika dan logika sesungguhnya bisa menjadi dasar pengembangan kemandirian, kreatifitas, dan daya saing di tengah akses informasi tak berbatas.

“Pengkayaan tentang filsafat membuat kita bukan saja menjadi lebih bijak, tetapi dapat memberikan manfaat tanpa ada yang dirugikan”, kata Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn.

Etika, menurut Rektor Rudy, sangatlah penting untuk menuntun kita melakukan apa yang ‘baik-benar-bermanfaat’ bagi masyarakat. Sedangkan logika bisa menjadi ‘peta’ bagi kita dalam mengembangkan daya saing.

Karena itu, kedua institusi ini pun sepakat kalau generasi muda tidak hanya diberikan pengetahuan dan keterampilan semata, tapi juga kebajikan yang pada akhirnya akan berguna bagi kemaslahatan bangsa.

Sebab, pengetahuan idealnya memang harus menyeimbangkan kemajuan teknologi dan moral, sehingga tidak selalu mengedepankan keuntungan materiil, tetapi juga keuntungan moral.

“Melalui filosofi Jawa dikenal ‘tuno satak, bathi sanak’, kita bisa belajar bagaimana mengedepankan rasa kebersamaan, tenggang rasa serta saling asah, asih dan asuh tanpa selalu harus mencari untung,” lugas  Dekan Fakultas Filsafat UGM, Dr. Arqom Kuswanjono. Isy-Humas

COMMENTS