E-Seminar Moestopo – Gajah Mada: “Budaya Baru Bermedia Daring dalam Ancaman Wabah Covid-19 yang Menunjukkan Unsur Positif Berupa Kebersamaan, Kasih-Sayang, Komunikasi yang Cenderung Verbal dan Ter-record, Apakah Akan Berlanjut Setelah Wabah Usai ?”

Filsuf Rudy Harjanto pada pembuka e-seminar mengutarakan, pandemi Covid-19 adalah krisis global yang menumbuhkan kecemasan dunia. Memunculkan keraguan terhadap masa depan. Sehingga krisis kesehatan ini membesar menjadi krisis sosial – ekonomi. Aktivitas dan gaya hidup manusia berubah. Pandemi Ini mengukuhkan bahwa kehidupan manusia memiliki ke bersamaan untuk saling ke tergantung an, saling membutuhkan, saling tolong menolong. Teknologi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap budaya dan komunikasi, penyedia aplikasi komunikasi internet seperti google, zoom, dll berkembang pesat. Penyedia jasa mengantar keperluan rumahtangga sehari-hari seperti makan-minum, laundry, dan jasa lain berbasis daring juga berkembang.


Prof. Haryono Suyono mengidentifikasi terselenggaranya komunikasi sosial bermedia daring di rumah, dalam suasana kasih-sayang keluarga itu bisa diharapkan dapat membawa suasana sosial yang harmonis
Rumah menjadi pusat aktivitas kerja, sosial, dan cinta-kasih keluarga. Kebersamaan menjadi penting. Mengatasi penularan wabah dengan pengantar manusia mendorong kesadaran untuk melindungi diri sendiri sekaligus orang lain. Hidup dalam nuansa baru. Budaya baru kearah kerukunan, cinta-kasih dan kebersamaan sosial kemudian berkembang.

Filsuf Lasiyo dari Gajah Mada menambahkan. Budaya bersifat dinamis. Wabah Covid-19 mengubah budaya dunia. Teknologi kesehatan mencegah penularan dan menyembuhkan penderita berkembang cepat. Teknologi kehidupan sosial bermedia daring dipaksakan oleh wabah untuk berkembang pesat. Interaksi individu dan kelompok dipaksakan berbasis media digital yang cenderung verbal dan terekam.

E-Seminar, “Menata Ulang Kebudayaan Menuju Kesejahteraan”, dengan pembicara Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto M.Sn., Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Moestopo, Prof. Haryono Suyono, Ph.D., dan Guru Besar Fakultas Ilmu Filsafat Universitas Gajah Mada, Prof. Dr. Lasiyo, M.A., dimoderatori Dr. Septiana Deiputri Maharani, Wakil Dekan Dakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada, Sabtu, 24 Oktober 2020, berlangsung selama dua jam, diikuti oleh dosen dan mahasiswa terutama dari dua perguruan tinggi, Universitas Moestopo dan Universitas Gajah Mada.(MB-HUMAS)
#eSeminar#universitasmoestopo#ugm#kerjasama

COMMENTS