Sebagai bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi, tiap dosen tetap setiap tahun wajib melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat (Pengmas). Salah satu kegiatan Pengmas dosen tetap dari Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), adalah melakukan pengabdian masyarakat dalam bentuk diskusi dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Kedah sebagai komunitas PPI terbesar di Malaysia, bertema Peluang dan Peran Generasi Muda Indonesia dalam Pembangunan dan Diplomasi.

Pada pertemuan interaktif Minggu, 2 Desember 2018 bersama mayoritas pengurus harian PPI di Universiti Utara Malaysia di Sintok, Kedah, didiskusikan tentang pentingnya ikut pemilu, bentuk diplomasi yang bisa dijalankan PPI di luar negeri dan peluang mereka saat kembali ke tanah air, khususnya dalam membangun daerah pedesaan.

Dalam rangkaian Pengmas tersebut juga dilakukan kunjungan courtesy ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang pada Senin, 3 Desember 2018, dan berdialog dengan Konsul Jenderal seputar isu-isu terkini di Malaysia, khususnya penanganan kasus Tenaga Kerja Indonesia di Penang, dan di Indonesia.

 

Diharapkan kegiatan Pengmas ini dapat memberikan manfaat dan menjadi kontribusi nyata bagi masyarakat, khususnya para pelajar Indonesia yang ada di luar negeri sebagai generasi muda penerus bangsa.(abr)

Leave a Comment