Menegakkan Pilar Beragam Pengabdian untuk Negeri “Cagak Sawita Rupa”

CSR merupakan bagian dari strategi pengembangan perusahaan, pernyataan Dr. Gunawan Alif dalam acara bedah buku “Cagak Sawita Rupa”, di kampus Moestopo, Kamis, 2 Agustus 2018.

Gunawan Alif dalam bukunya berjudul “Cagak Sawita Rupa” menyebutkan bahwa Corporate Social Responsibility (CSR)  merupakan bagian dari strategi usaha pengembangan perusahaan. CSR bukan bentuk belaskasihan perusahaan kepada masyarakat. Bukan pula usaha perusahaan menutup dosa karena mengeksploitasi alam, manusia, dan energi. Karena perusahaan memerlukan totalitas goodwill masyarakat lingkungannya.

Dr, Gunawan Alif memberikan penjelasan tersebut dalam acara bedah buku tentang CSR berjudul “Cagak Sawita Rupa” (Penerbit PT Jakarta Baru dan Indonesia CSR Society, 2018), di Kampus Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Kamis, 2 Agustus 2018, dengan pembedah Prof. Dr. Gati Gayatri, M.A. Hadir pula beberapa praktisi CSR anggota Indonesia CSR Society, Djarum Foundation, Antam, BCA, Holcim, JAPFA, Kelly, Kompas, Jakarta Post, Trakindo, XL, Chevron, Freeport, dan Unilever.

Rudijanto Gunawan dari Djarum Foundation mengutarakan, kegiatan CSR yang dilakukan meliputi Bakti Sosial, Bakti Olahraga, Bakti Lingkungan, Bakti Pendidikan, dan Bakti Budaya. Dilakukan sejak 1951, merupakan bentuk konsistensi bakti kepada negeri, demi terwujudnya kualitas hidup masyarakat di masa depan yang lebih bermartabat. Beberapa karya emas Djarum Foundation antara lain bendera Merah Putih berkibar dalam Olimpiade dunia, pohon trembesi yang menyerap karbon sepanjang jalan Pantura (Merak sampai Banyuwangi), dan lain-lain.

Unilever menyebutkan bahwa pada 2030 seluruh sumber energi yang diperlukan perusahaan beserta pasar dan masyarakat lingkungannya datang dari sumber yang bisa diperbarui. Holcim Indonesia merasa bertanggungjawab untuk menjadikan masyarakat lingkungannya mandiri dalam pendidikan, kesehatan, dan usaha perekonomian. Japfa Comfeed Indonesia berusaha turut mengembangkan masyarakat sekitarnya menuju kesejahteraan bersama. Chevron Indonesia menerapkan konsep gotong-royong, saling berbagi dan bekerjasama melalui kemitraan dengan pemerintah dan masyarakat local sampai internasional.

MB-Humas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *