Jakarta, 5 Juli 2018

Yayasan Sukarelawan Siswa (YSS) mengadakan kegiatan YSS ASEAN Students Volunteer Mission to Serawak.  YSS sendiri bertujuan untuk menyatukan sepuluh negara anggota ASEAN dan China dalam meningkatkan inteaksi antar warga, mobilitas dan memperkuat hubungan di ASEAN. Kegiatan ini juga sejalan dengan aspirasi komunitas Sosial Budaya ASEAN yang mendorong kesukarelaan, serta berfokus pada pengembangan kapasitas. Dimana relawan mahasiswa ASEAN dan Cina dilatih secara fisik dan mental melalui penerapan konsep “pencelupan” di mana mereka makan, hidup dan bernafas dengan masyarakat.

Relawan mahasiswa ASEAN dan China akan datang dari semua latar belakang etnis, agama dan beragam disiplin ilmu. Mereka menjalani pembelajaran berdasarkan pengalaman di mana mereka akan mengembangkan keterampilan yang berharga seperti kerja tim, kepemimpinan, perencanaan proyek, manajemen waktu, keterampilan manajemen krisis dan bencana, meningkatkan tingkat adaptasi mereka, keterampilan lunak dan proaktif.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 4 Juli – 21 Juli 2018 di Sarawak, Malaysia. Mengundangan 10 negara ASEAN dan China sebagai Student Volunteer. Indonesia berpartisipasi dalam mensukseskan kegiatan YSS-ASEAN dengan mengirimkan 25 Delegasi kontingen Indonesia terbaik.

Dari 25 orang delegasi kontingen Indonesia terdapat dua Mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) yang ikut dalam kegiatan tersebut, yaitu Giovandi Tri Hardianto dan Tiffany Glorya. Diharapkan Indonesia dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan ASEAN”. Demikian harapan Ikhwan selaku Fasilitator pembukaan pembekalan dan pelatihan kontingan Indonesia (27/06/2018).

Isy-Humas UPDM (B)

 

Leave a Comment