Harapan kepada Orangtua Calon Mahasiswa Baru: “Moestopo Beragama Artinya Universitas yang Tidak Hanya Memacu Intelektual”

Dekan FKG, Prof. Dr. Budiharto, drg., SKM menjelaskan, “Moestopo Beragama artinya universitas yang tidak hanya memacu intelektual, melainkan juga berusaha membina etika dan moral mahasiswa. Civitas Academica Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) berharap agar orangtua mahasiswa turut mendampingi usaha pembinaan tersebut.” Prof. Budiharto menyampaikan harapannya dalam acara Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), 21 Juli 2018, di Kampus FKG Bintaro Raya.

Seleksi calon mahasiswa baru Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Tahun Akademik 2018-2019, untuk Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Fakultas Ilmu Komunikasi telah diikuti oleh lebih dari 2.500 calon. Mereka mendaftar langsung ke kampus Hang Lekir, Bintaro, Swadarma, dan ada pula yang mendaftar melalui web pmb.moestopo.ac.id. Khusus untuk FKG, mahasiswa baru yang akan diterima dikuota sebanyak 150 orang.

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dr. Andriansyah menegaskan bahwa kegiatan penerimaan mahasiswa baru ini bersih dari gratifikasi. Tidak ada pungutan lain selain ketentuan yang tertera di formulir pendaftaran. Selain itu, Moestopo giat membersihkan kampus dari narkoba. Usaha membebaskan kampus dari narkoba tersebut dilakukan bersama Badan Narkotika Nasional (BNN). Mahasiswa yang dalam sweaping kedapatan positif menggunakan narkoba dikenai sanksi pemberhentian (DO).

Kegiatan perkuliahan juga dilengkapi antara lain dengan aktivitas “Moestopo Jelajah Nusantara”. Menjelang semester akhir, mahasiswa dituntun alumninya melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di daerah-daerah seluruh Nusantara. Alumni-alumni yang sudah berpengalaman berprofesi di daerah tujuan bersama dosen pembimbing KKN melakukan pengabdian masyarakat sesuai kemampuan profesi yang diayahi. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa sekaligus melakukan penjelajahan peluang kerja. Pada sisi lain, masyarakat di wilayah tempat KKN mendapat manfaat inovatif dari kampus.

Juga diinformasikan kepada orangtua calon mahasiswa, bahwa sebagian besar mahasiswa yang gagal dalam studi adalah mereka yang saat kuliah mengesampingkan kegiatan belajar, dan lebih aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler. Masa kuliah menyelesaikan Strata Satu adalah delapan semester (empat tahun) dan paling lama 14 semester. Tidak bisa diperpanjang. Fakultas berharap agar para orangtua mahasiswa memonitor putra-putrinya agar berhasil dalam menempuh studi. Secepatnya menyelesaikan kuliah untuk menyiapkan peningkatkan profesionalitasnya dengan menempuh pendidikan lanjutan (pascasarjana) atau mengasah profesi langsung ke kancah kegiatan praktis. MB-Humas

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *