ANGKAT SUMPAH DOKTER GIGI BARU FKG UPDM(B)

Jakarta, 7 Juni 2018

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), kembali menyelenggarakan angkat sumpah bagi dokter gigi baru lulusan semester ganjil tahun akademik 2017/2018 di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Jakarta Selatan pada hari Kamis, 7 Juni 2018  yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Dr. Andriansyah, M.Si, Dekan FKG UPDM (B) Prof. Dr. Budiharto, drg., S.KM beserta jajarannya, Dekan Fikom UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM, serta Perwakilan PDGI.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan mengheningkan cipta oleh seluruh hadirin yang dipimpin oleh Dekan FKG UPDM(B). Upacara pengangkatan sumpah dokter gigi baru dibuka oleh Dekan FKG UPDM (B), dilanjutkan dengan laporan akademik yang disampaikan oleh Wakil Dekan I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Mirna Febriani, drg, M.Kes.

Prosesi pengangkatan sumpah di awali dengan Pengucapan lafal sumpah dokter gigi di pimpin oleh Dekan FKG UPDM (B) diikuti oleh 61 orang dokter gigi baru yang didampingi oleh rohaniawan Islam, rohaniawan Kristen Protestan, rohaniawan Katolik dan Rohaniawan Hindu, dan dilanjutkan dengan pengukuhan dan pembacaan doa yang didampingi oleh para rohaniawan.

Acara selanjutnya penandatangan naskah sumpah dokter gigi oleh para dokter gigi baru dengan Dekan FKG UPDM (B), Wakil Rektor I UPDM(B) dan Rohaniwan yang didampingi oleh Wakil Dekan I FKG UPDM (B), Wakil Dekan II FKG UPDM (B) Herlia Nur Istindiah, drg., M.Si., SpOrto, Kaprodi Akademik FKG UPDM (B) Nety Trisnawaty, drg, Ph.d dan Kaprodi Profesi FKG UPDM (B) Ika Anisyah, drg, Sp.KGA.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan pengahargaan kepada 10 lususan terbaik oleh Dekan FKG UPDM (B), dan penyerahan alumni dari Ketua Senat Mahasiswa FKG Christian Stefanus kepada Wakil Dekan I FKG UPDM (B)  selanjutnya diserahkan kepada ketua alumni FKG UPDM (B) drg. Hika Deriya Asril Putra, serta penyerahan buku kode etik dokter gigi oleh perwakilan dari PDGI kepada drg. Dania Trya Fariza perwakilan dokter gigi baru. Dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan dari drg. Dania kepada Wakil Rektor I UPDM(B), Dekan FKG UPDM(B) dan Ketua Ikatan Alumni FKG UPDM(B).

Dilanjutkan dengan sambutan dari drg. Dania mewakili dokter gigi baru, dania mengatakan terima kasih dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas anugrah dan kasih sayangNya yang diberikan dan menyampaikan menjadi Dokter gigi adalah puncak pendidikan selama bertahun-tahun yang dan merupakan perjalan panjang dengan jatuh bangun, dan Ini merupakan awal kehidupan baru dan tidak mudah untuk meraih dan menjalaninya kedepan.

perjuangan ini tidak semudah yang dikatakan maka dari itu kita wajib terima kasih kepada Allah dan orang tua kita yang telah merawat dan membesarkan kita serta berjuang untuk kita sampai menjadi seperti sekarang ini, dengan kesabarannya semoga kita dapat membalasnya, kita juga harus berterima kasih kepada dosen dan civitas akademika atas bimbingan sehingga menjadi dokter gigi.

Selanjutnya sambutan dari perwakilan orang tua Bapak Irjen Pol Agus, dalam sambutannya mengucapkan puji syukur kepada Allah yang telah memberikan rahmatnya atas keberhasilan ini, dan kebahagian kami para orang tua atas keberhasilan anak kami menjadi dokter gigi. Ketika melantunkan sumpah rasanya sangat terharu dan itulah rahmat Tuhan yang diberikan kepada kita semua. Saya ucapkan terimakasih kepada bapak Rektor, Wakil Rektor, Dekan dan Civitas Akademika, tidak ada kata lain selain rasa syukur karena bapak ibu dosen sudah merubah putra putri kami menjadi dokter gigi dengan ilmunya dan atitutnya.

Bapak Agus berpesan, pertama, jadilah dokter gigi yang profesional, layanilah dengan hati nurani yang iklas. Kedua pegang kode etik dokter gigi. Ketiga patuhilah sumpah yang tadi telah diucapkan. Keempat jadilah agen perubahan untuk NKRI ini, karena anak-anak ini merupakan agen perubahan dari hal kecil seperti menjaga kesehatan gigi dan mulut serta kebersihan lingkungan. Dan terakhir kenanglah jasa kasih sayang kedua orang tua dan dosen.

Dilanjutkan dengan sambutan Dekan FKG UPDM (B), Bapak Dekan mengucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan terimkasih kepada orang tua yang sangat mencintai dan menyayangi putra putrinya. Dan sekarang bukan anak-anak lagi melainkan sudah menjadi teman sejawat. Dan bapak ibu tidak salah menitipkan putra-putrinya di UPDM (B) karena kita mendidik secara akademis, profesional , etika dan moral. Alhamdulillah kita bisa menuntun putra-putri bapak ibu menjadi teman sejawat kita. Saya berpesan setelah keluar dari  UPDM (B) agar selalu meningkatkan keprofesionalannya dan jangan lupa keluarga. Selamat kepada orang tua dan kepada dokter-dokter gigi baru dan semoga sukses selalu.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan Wakil Rektor I UPDM (B), dalam sambutannya Bapak Wakil Rektor I mengatakan selamat dan terimakasih kepada para orang tua atas kepercayaannya yang telah menitipkan putra-putrinya kepada kami sampai menjadi dokter gigi. Dan alhamdulillah RSGM kita sudah melewati proses akreditasi, karena sekarang harus keduanya yaitu akademik dan profesi. Karena bila tidak di akreditasi, para mahasiswa-mahasiswi kita tidak boleh praktek di RSGM kita. sebagai lembaga pendidikan FKG UPDM (B) merupakan Lembaga pendidikan tertua di Indonesia. Dan kita selalu mengikuti peraturan-peraturan pemerintah, karena kita tidak bisa menolak ketentuan dari pemerintah seperti standar dosen, dll. Mengenai sarana dan prasarana merupakan yang tertua di Indonesia, karena seperti amanat yang telah disampaiakan oleh pendiri kampus ini Prof. Dr. Moestopo yaitu kita harus berdikari, berdikiri di kaki sendiri, mandiri sehingga tidak boleh berhutang. Dan kita minta doa bapak ibu agar kami selalu dapat mengelola kampus ini secara baik, dan sekali lagi selamat atas putra-putrinya yang telah menjadi dokter gigi.

Upacara angkat sumpah diakhiri dengan pembacaan doa oleh Ustad Faris Fariansyah, SE secara Islam yang diikuti oleh para hadirin yang hadir dan diakhiri dengan pemberian ucapan terima kasih kepada para orang tua masing-masing yang dipenuhi oleh rasa haru dan foto bersama sumpahwan dengan Dekan FKG UPDM (B) beserta jajarannya, Wakil Rektor I UPDM (B).

HUMAS – Isy

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *