DIES NATALIS KE-57 DAN WISUDA SARJANA & MAGISTER UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA) “Bersatu Menuju Universitas Unggul”

Jakarta, 5 April 2018

Dalam Dies Natalis ke-57 UPDM (B) 15 Febr 1961 – 2018 telah menyiapkan Diri Menyongsong Era Generasi Emas 2045 antara lain Majelis Guru Besar menyiapkan “kurikulum filosofis” tentang Semangat Kebangsaan yang akan memicu patriotisme kemandirian nasional serta Fakultas-Fakultas menajamkan kurikulum kecerdasan intelektual science dan practiced sesuai disiplin ilmu masing-masing .

Jumlah Wisudawan sebanyak  910 wisudawan terdiri atas FKG sebanyak 177 wisudawan, FISIP sebanyak 183 wisudawan, FEB sebanyak 63 wisudawan, FIKOM sebanyak 307 wisudawan, dan Pascasarjana sebanyak 180 wisudawan.

Dalam Orasi Ilmiah Kapolri yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Sosial Ekonomi Irjen. Pol. Dr. Gatot Edy Pramono, M.Si., dengan topik  “Mewujudkan Indonesia sebagai Negara Dominan” mengatakan bahwa saat ini invasi militer sudah tidak terjadi. Pola hubungan antarnegara cenderung dibidang ekonomi, peran non-state actor. Konflik dunia yang terjadi adalah konflik peradaban yaitu Konflik Peradaban Barat dengan Islam.

Negara Indonesia yg dominan menuntun peradaban kepada kehidupan kebhinekaan dunia memiliki masalah nasional yang terjadi adalah “konsolidasi demokrasi” berupa kekuasaan ekonomi mempengaruhi lembaga negara, primordialisme golongan yang dapat mengancam NKRI dan teknologi informasi menyebabkan globalisasi yang memicu persaingan ekonomi.

Dengan syarat dominan Sumber daya manusia, Kekayaan alam dan Wilayah yang luas dimana kita tinggal memacu peningkatan ekonomi dalam suasana politik dan keamanan yang stabil dan saat ini derajat acceptability dan accountability pimpinan negara pada posisi yang tinggi.

Ketua Kopertis Wilayah III Dr. Ir. Illah Sailah, M.S., mengatakan bahwa acara wisuda UPDM (B) ini merupakan gambaran komitmen, kerja keras, kerja cerdas, dan kerja tuntas mahasiswa. Apresiasi Kopertis atas sikap adaptif dan contoh yang baik dalam memelopori program bakti sosial, yakni sebagai partisipan dominan penanggulangan bencana alam dan program KKN Merajut Nusantara di Blitung.

Kopertis juga mengapresiasi UPDM (B) yang telah taat azas dalam pelaporan data ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi secara rutin dan mencapai 100%. Mahasiswa dan dosen UPDM (B) juga berprestasi dalam publikasi ilmiah.

Dalam kesempatan tersebut Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Prof. DR. Rudy Harjanto, M.Sn. berpesan kepada wisudawan, untuk menjadi agent of change, antara lain dengan memanfaatkan teknologi dunia maya untuk menebarkan ujaran-ujaran kebaikan, Kebaikan bagi bangsa, negara, dan bangsa-bangsa sedunia.

 

Humas – mb/sl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *