Jakarta, 23 Maret 2018

Sebagai langkah pelaksanaan dari Surat Edaran No. 649/DI Tahun 2018 tentang Implementasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) pada program penilain Angka Kredit Dosen dan Tenaga Pendidik, Sertifikasi Dosen serta beban kerja dosen, Warek I yang membawahi bidang Akademis dan Alumni serta Kemahasiswaan memiliki tugas mengelola dosen yang ada di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)/UPDM(B), maka dari tanggal 20 sampai dengan 22 Maret 2018 diadakanlah implementasi SISTER untuk seluruh Fakultas dan Program Pasca Sarjana yang ada di UPDM(B).

Memperhatikan Fungsi dan tugas Direktorat Jenderal Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan pendidikan Tinggi sebagaimana diatur di dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 15 Tahun 2015 Tentang Organisaasi dan Tata Kerja penggunaan teknologi Informasi merupakan keharusan dalam pelaksanaan tugas. Berbagai sistem informasi yang digunakan dan telah terbangun seperti Pengelolaan data portofolio, pengajuan penilaian angka kredit, pengusulan NIDN, NIDK, beasiswa, dan proses bisnis lain terkait sumber daya ipteksikti, namun seluruh sistem informasi tersebut dioperasikan secara parsial sehingga mengakibatkan rendahnya akurasi data serta cenderung tidak efisien dan efektif. Oleh karena itu dibutuhkan sistem informasi terintegrasi yang memungkinkan untuk bersinergi melakukan interkoneksi berbagai sistem informasi maka dibangunlan Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER).

Melalui SISTER data dasar yang ada di PD-Dikti dapat dilengkapi secara langsung oleh dosen dan tendik dalam bentuk portofolio yang terkait dengan aktivitas penelitian, publikasi dan pengabdian kepada masyarakat yang dijalankan serta aktivitas lainnya yang selanjutnya portofolio tersebut dapat digunakan untuk berbagai bisnis proses pengembangan karis dosen dan tendik. Dengan adanya acara implementasi SISTER inidiharapkan Doesn dan tendik yang ada di UPDM(B) dapat mengelola datanya dengan lebih baik……semoga

Humas – sl

Leave a Comment