Pelatihan Keterampilan Warga Gelora Senayan – Jakarta untuk Mengantisipasi Kondisi Negatif Bonus Demografi 2020-2030

 Jakarta, 1 Maret 2018

Center of Excellence Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menyelenggarakan pelatihan industri kreatif, daur ulang limbah, bagi masyarakat wilayah Jakarta. Rabu lalu, kegiatan daur ulang bungkus kopi untuk dijadikan tas, dompet, dan pernik lain dilaksanakan di Kelurahan Gelora Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan untuk menganekaragamkan sektor wirausaha masyarakat kurang mampu sekaligus menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pelatihan keterampilan waste recycling ini, dalam skala macro, diselenggarakan untuk membantu mengantisipasi kondisi negatif “bonus demografi” 2020-2030. Pada masa itu penduduk usia produktif akan mencapai 70 %, 180 juta jiwa. Bonus demografi dapat menjadi berkah bagi bangsa Indonesia apabila aktivitas ekonomi masyarakat memberikan kontribusi kepada produksi nasional. Di sejumlah negara, industri kreatif ternyata mampu menciptakan lapangan kerja sekaligus mendongkrak perekonomian nasional.

Sasaran kegiatan pelatihan keterampilan kreatif waste recycling FEB UPDM (B) adalah kelompok-kelompok masyarakat prasejahtera di wilayah DKI Jakarta. Dengan keterampilan memanfaatkan limbah menjadi produk kreatif, diharapkan mereka akan memperoleh penghasilan tambahan, bahkan akan memungkinkan menciptakan industri kreatif baru. Pada sisi lain, pemanfaatan limbah, berarti terjadi aktivitas pengelolaan limbah yang terkait dengan kebersihan, kesehatan, dan keindahan lingkungan.

Bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPDM (B) ini meliputi pelatihan, mobilisasi warga masyarakat, peningkatan mutu produk, dan pemasaran. Pihak yang dilibatkan adalah instruktur dan konsultan produksi dan pemasaran, dosen, mahasiswa, pejabat pemda, dan masyarakat. Pada tahap pemasaran juga melibatkan grosir produk sejenis yang sudah exists.

Humas – mb/sl

Leave a Comment