Mahasiswa Baru UPDM (B) Ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Mayjen TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo

Jakarta, 23 Januari 2018

Lebih dari 650 mahasiswa baru Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)/UPDM(B) Jakarta melaksanakan ziarah ke Makam Pahlawan Nasional Mayjen. TNI (Purn) Prof. Dr. Moestopo, Senin pagi. Acara ziarah ke Makam Pahlawan Cikutra Bandung ini ditradisikan bagi mahasiswa baru dan mahasiswa UPDM (B) yang telah menyelesaikan studi menjelang acara Wisuda Sarjana. Tujuan ziarah terutama untuk menularkan jiwa patriotisme, kegigihan, kesederhanaan, serta kerelaan berkorban pendiri UPDM(B) selain meraih hikmah ziarah kubur sesuai keyakinan agama.

Mahasiswa yang mengikuti acara ziarah terdiri atas mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi 175 orang, Fakultas Ekonomi 73, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 165, Fakultas Ilmu Komunikasi 240. Acara ziarah, merupakan bagian dari rangkaian acara mewariskan jiwa patriotisme Mayjen TNI (Purn) Prof Dr Moestopo. Acara-acara lain yang terkait kegiatan menanamkan jiwa kepahlawanan tersebut adalah pemutaran film dokumentasi sejarah kepahlawanan, ceramah, dan pembinaan karakter (out bond) dalam program Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru

Ceramah dan pemutaran film kepada mahasiswa baru UPDM (B) meliputi dokumentasi sepak-terjang Mayjen. (Purn.) TNI Prof. Dr. Moestopo pada masa Perjuangan Fisik (Periode 1945-1949 Mempertahankan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia) dan masa Perjuangan Pembangunan (Mengisi Kemerdekaan) terutama dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Film yang disajikan kepada mahasiswa juga menayangkan aktivitas Civitas Academica UPDM (B) dalam menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi (Pengajaran, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat).

Sampai saat ini UPDM (B) telah meluluskan 3.601 Dokter Gigi, 5.588 Sarjana Ekonomi, 4.379 Sarjana Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8.387 Sarjana Ilmu Komunikasi, dan 946 Magister Bidang Manajemen – Administrasi – Komunikasi. Para alumni UPDM (B) tersebar di seluruh penjuru Tanah Air menekuni profesi masing-masing dalam jabatan di lembaga TNI, Pemerintahan, Legislatif, Perusahaan Swasta, usaha entrepreneur, dan kegiatan sosial kemasyarakatan. Pendidikan UPDM (B) dilaksanakan oleh 230 Dosen (Strata 2 dan Strata 3, dan Guru Besar).

Pendiri UPDM (B), Mayjen. TNI Prof. Dr. Moestopo lahir di Ngadiluwih – Kediri, 13 Juni 1913, meninggal dunia 29 September 1986. Bintang Jasa yang diterima adalah Bintang Maha Putera Utama Republik Indonesia, Bintang Kemerdekaan 1945 Republik Indonesia, Bintang Pahlawan Gerilya, Bintang Sapta Marga, Bintang Gerakan Operasi Militer 1 sampai 4, Bintang Dwija Sistha, dll. Dari Pemerintah Yugoslavia “Bintang Yogoslavenska Narodna Armija Partisan (Non Blok) dan dari Pemerintah Jerman (Barat) “Um Internationale Fur Verdienste Partnershaft (Liberal). Selain itu menjadi Guru Besar di Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta, Universitas Pasundan Bandung dan beberapa akademi di Bandung.

Humas – sl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *