Studium Generale Increasing Indonesia-Latin America Relations in the Changing Global Affairs

Studium generale dilaksanakan di kampus I Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), diawali dengan penandatanganan MoU antara Universidad Nacional La Plata, Argentina dengan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Indonesia oleh  Prof. Ezequiel Ramoeneda dari koordinator Center for Southeast Asian Studies dan Andre Ardi, S.Sos. M.Si Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) disaksikan oleh H.E. Ambassador Mr. Ricardo Louis Bocalandro dari Kedutaan Argentina. Kegiatan tersebut diadakan pada kamis, 16 November 2017 di Aula Fisip Kampus I UPDM (B) Jakarta.

Hadir dalam kegiatan terserbut Wakil Rektor III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso, M.Sc, Dekan Fisip UPDM (B) Dr. Taufiqurokhman, M.Si dan jajarannya, serta  dosen di lingkungan UPDM (B), dan Kedutaan Besar Argentina di Indonesia, acara ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Kemenlu RI.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor III UPDM (B). Dilanjutkan dengan Kuliah tamu disampaikan oleh Prof. Ezequiel Ramoeneda Center for Southeast Asian Studies tentang Increasing Indonesia-Latin America Relations in the Changing Global Affairs. Dimoderatori oleh Ibu Kesi Yovana, dosen sekaligus pendiri Centre for Latin America. Dalam paparannya dijelaskan mengenai bagaimana meningkatkan hubungan antar negara-negara Asia dan Amerika Latin dengan adanya beberapa persamaan antara negara-negara Asia dan Amerika Latin. Dalam kuliah umum tersebut dapat diketahui bahwa kedua belah pihak memiliki latar belakang negara yang hampir sama. Sehingga dalam menghadapi perkembangan dunia kedua belah pihak dapat saling sharing sehingga dinilai penting dalam melakukan peningkatan hubungan ini untuk saling berbagi pengalaman satu sama lain.

Setelah sesi studium generale, terdapat sesi tanya jawab. Pertanyaan datang dari beberapa mahasiswa seputar bagaimana upaya peningkatan hubungan Asia dan Amerika Latin khususnya dalam bidang budaya dan pendidikan. Acara ditutup dengan pemberian cindera mata kepada Prof. Ezequiel Ramoeneda Center for Southeast Asian Studies dan H.E. Ambassador Mr. Ricardo Louis Bocalandro dari Kedutaan Argentina oleh Wakil Dekan Fisip UPDM (B) dan  Wakil Rektor III UPDM (B).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *