Sosialisasi SINTA di UPDM (B)

 Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan SINTA (Sosialisai Science and Technology Index) oleh Dr. Lukman, ST, M.Hum. Acara diselenggarakan pada hari Senin, 6 November 2017, di Kampus FKG lt. 6 Bintaro Permai, Jakarta. Hadir dalam acara tersebut Wakil Rektor I Dr. Andriansyah, M.Si, Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc, serta para dosen  UPDM (B).

SINTA (Science and Technology Index) merupakan portal yang berisi tentang pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang meliputi antara lain kinerja peneliti, penulis, author, kinerja jurnal dan kinerja institusi Iptek.

SINTA berbeda dengan alat pengindeks yang sudah ada, seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesia Science and Technology Index (InaSTI) dan Indonesian Publication Index (IPI). Sinta sudah mengarah ke portal pengindeks global (Internasional) semisal Scopus yang sudah memiliki fitur yang lebih lengkap karena sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti: Citation, Networking, Research dan Score.

SINTA dibuat guna mewadahi hasil penelitian yang sudah dipublikasikan secara online. Sehingga orang yang dapat berkontribusi di Portal SINTA adalah para peneliti dan dosen. Dosen juga dianggap sebagai peneliti karena disamping mengajar di kelas, dosen juga melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat. Sehingga kedua profesi inilah yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan indeks publikasi jurnal ilmiah di negara kita.

Syarat untuk dapat mendaftar atau registrasi di Portal Sinta tidaklah sulit, hanya mengisi email dan mengisi beberapa identitas diri, seperti: Nama Lengkap, Status (Peneliti / Dosen), Nomor Induk Dosen (NIDN), Instansi tempat kerja, Jabatan dalam pekerjaan.  (isy-Humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *