Kuliah Umum Mahasiswa Baru FIKOM UPDM(B)

Sebagai tanda dimulainya perkuliahan Tahun Akademik  2017/2018 untuk mahasiswa baru FIKOM UPDM(B) mengadakan kuliah umum pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2017 bertempat di Wisma Kantor Kemenpora Senayan Jakarta Pusat dengan Thema “Character Building, Entrepreneurship dan Entertainment” Broadcast Television : Trends and Implications, yang diikuti kurang lebih 360 mahasiswa Baru.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh yang hadir dilanjutkan dengan sambutan oleh Dekan FIKOM UDPM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM. yang mengucapkan banyak terima kasih atas waktu yang diberikan disela kesibukan bapak Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD.,  untuk hadir diacara Kuliah Umum bagi mahasiswa baru selanjutnya sambutan Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. yang mewakili Rektor  yang sedikit bernostalgia sewaktu masih di TVRI Yogyakarta dengan acara Plengkung Gading yang digarap bersama dan menjadi acara yang banyak digemari/ditonton masyarakat. Sebagai Pembicara sesi pertama adalah Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD., Mantan Menko Kesra dan Taskin RI dengan judul pembahasan “Membangun Karakter dan Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme, serta Pembanggaan Pada Generasi Muda Dalam Menjawab Tantangan Masa Depan” didampingi oleh moderator H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si

Dalam pembahasannya ditekankan peranan Strategi Komunikasi untuk membangun kepercayaan dan hasil nyata dimana peranan komunikasi dalam mengantar pembangunan yang memerlukan dukungan rakyat banyak, Pengembangan Strategi, Perkembangan Strategi, Arahan Strategi, Strategi Mutakhir dari sikap ke tingkah laku. Mulai dari orang melihat, mendengar dan akhirnya mengadopsi dan melakukan sesuatu yang dipengaruhinya. Komponen komunikasi harus diperhatikan seperti Komunikator yang kredibilitasnya dijamin, Sasaran langsung atau melalui jaringan pendukung juga diperhatikan pendukung budaya yang berpengaruh pada sasaran yang harus tepat dan terukur, Gaya Komunikasi dan strategi pesan harus menarik dan subtansinya tertanam.

Hadir pada acara itu para Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. , Dekan FIKOM UDPM(B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM.  dan wakil dari Fakultas Ekonomi dan para dosen FIKOM UPDM(B). Pembicara kedua adalah Desi Anwar dengan pembahasan ”Tantangan dan Masa Depan Media di Indonesia, Berkarier di Dunia Broadcast” yang didampingi moderator Nadia Rudiyanto, S.Sos., M.Ikom

Dalam penjelasannya lebih menekankan pada kehidupan dunia broadcasting dan langkah-langkah apa saja yang dilakukannya untuk mencapai apa yang sekarang telah diraihnya yaitu posisi yang banyak diidamkan oleh banyak orang yang bergelut dalam bidang broadcast juga dijabarkan suka dan dukanya serta apa saja yang harus disiapkan untuk dapat terjun dibidang broadcast.

Kedua sesi tersebut diisi dengan tanya jawab oleh para mahasiswa baru dan ditutup dengan penyerahan pelakat dan cindera mata dari Dekan FIKOM kepada pembicara dan Penyerahan SK Guru Besar untuk Prof. Dr. H. Haryono Suyono, MA., PhD.,  yang diserahkan langsung oleh Wakil Rektor III Dr. Bambang Winarso, M.Sc. serta ditutup dengan foto bersama.

Humas – sl  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *