Promosi Doktor H. Hermanto Joesoef Moestopo Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Jakarta, 18 September 2017

Senin, 18 September 2017 Bertempat di Gedung Dewi Sartika Aula Maftuha Yusup Lantai 2 Universitas Negeri Jakarta, Ketua Pembina Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM melakukan Sidang Terbuka Program Doktor dengan Komisi Promotor Prof. Dr. H. Djaali dan Prof. Dr. Makruf Akbar, M.Pd dan Panitia Ujian Doktor Ketua Prof. Dr. H. Djaali, Sekretaris Prof. Dr. Moch. Asmawi, M.Pd., Anggota Prof. Dr. Mukhneri Mukhtar, M.Pd., Prof. Dr. Madhakomala, M.Pd., Prof. Dr. Suparno Eko Widodo, M.Pd., dan Penguji Luar Prof. Dr. Thomas Suyatno, drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM Meraih Predikat Sangat Memuaskan dengan Indek Prestasi Kumulatif 3,5 dalam bidang ilmu Manajemen Pendidikan dengan menyampaikan Disertasi Berjudul “Pengaruh Budaya Mutu, Pemberdayaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Menurut drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM dalam kesimpulan penelitiannya bahwa Budaya Mutu memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja dosen, Pemberdayaan memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja dosen, Komitmen Organisasi memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kinerja dosen, Budaya Mutu memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, Pemberdayaan  memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen organisasi, serta Budaya Mutu memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap pemberdayaan.

Sedangkan Implikasinya menurut drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM dalam kesimpulan penelitiannya bahwa Program studi menjadikan budaya mutu sebagai salah satu standar unggulan pelayanan kepada mahasiswa baik melalui tata kelola maupun sistem pembelajaran, Keteladanan dalam kehidupan civitas akademika menjadi tuntutan dan keharusan untuk mewujudkan pemberdayaan secara optimal, Adanya program pengembangan bagi dosen dan karyawan sehingga potensi dapat digali secara optimal untuk kemajuan dan perkembangan institusi, Monitoring dan evaluasi dijalankan secara periodic baik yang dilakukan oleh program studi maupun institusi dengan tujuan adanya kesinambungan program pengembangan kompetensi dosen dan karyawan serta Evaluasi diri program studi setiap semester dijadikan sebagai sarana evaluasi tengah tahunan untuk mengetahui capaian, kelemahan, kekuatan dari program yang telah direncanakan setiap awal tahun akademik.

Saran yang diajukan berdasarkan hasil penelitian drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM bahwa Program studi hendaknya melakukan peningkatan dan penguatan pada jumlah dosen yang melakukan penelitian baik secara individu maupun kelompok, Program studi hendaknya lebih meningkatkan baik secara kuantitas maupun kualitas pengabdian kepada masyarakat sehingga Institusi lebih dikenal luas, Program studi hendaknya melakukan pemetaan kompetensi dosen sehingga memudahkan institusi dalam melakukan pemberdayaan secara tepat sesuai dengan kebutuhan, Program studi hendaknya dapat bekerjasama dengan pihak penjamin mutu melakukan monitoring dan evaluasi secara periodik, Dosen hendaknya dapat memanfaatkan fasilitas institusi untuk pengembangan diri sehingga dapat meningkatkan kinerja secara optimal, Dosen hendaknya dapat memanfaatkan peluang hibah penelitian baik melalui Kemenristekdikti maupun lembaga lain serta Rektor Universitas hendaknya memberi dukungan dan dorongan atas tumbu dan berkembangnya budaya mutu, pemberdayaan dan komitmen organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja dosen secara optimal.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh Pimpinan Yayasan UPDM (Pembina, Pengurus dn Pengawas), Dari Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Rektor dan Jajarannya beserta staf, Dekan FKG dan Jajarannya, Dekan FIKOM dan Jajarannya, Dekan FISIP dan Jajarannya, Plt. Dekan FE dan Jajarannya dan Direktur PPs dan Jajarannya.

Selamat kepada drg.RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM atas Promosi Doktornya semoga bermanfaat dan langsung diaplikasikan…….aamiinn…

Humas UPDM (B)- sl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *