FIKOM UPDM(B) menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan Bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia

Jakarta, 25 September 2017

Guna meningkatkan Kompetensi Wartawan pada Media-media baik Elektronik, Cetak maupun Media Online, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melalui Lembaga Uji Kompetensi yang dimilikinya menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia pada Hari Jum’at dan Sabtu tanggal 22 dan 23 September 2017 bertempat di Kampus II FIKOM UPDM(B) Jl. Swadarma No.54 Ulujami Jakarta Selatan.

Uji Kompetensi Wartawan kali ini merupakan gelombang ke II yang diikuti oleh 24 peserta dari Liputan6.com dan Bola.com dengan jenjang kompetensi wartawan adalah Utama, Penguji adalah Hendry CH. Bangun M.I.Kom (Anggota Dewan Pers/Sekretaris Jenderal PWI/Kompas) dan Djunaedi Tjunti Agus (Komisi Kompetensi Wartawan PWI/Suara Karya) serta Dr. Rajab Ritonga, M.Si (UPDM(B)) dan Dr. Usman Yatim, M.Pd (Direktur UKW(Madina)/UPDM(B)) dengan Ujian 7 tahap.

Acara dimulai dengan sambutan dari Anggota Dewan Pers Hendry CH. Bangun, M.I.Kom yang menyatakan bahwa wartawan dalam mengemban tugasnya harus memiliki Kompetensi sesuai dengan kemampuannya dan jenjangnya dimana masing-masing punya tanggungjawab sendiri-sendiri sesuai dengan Undang-undang dan Ketentuan Dewan Pers, dilanjutkan dengan sambutan Dekan FIKOM UPDM(B) dimana sebagai Lembaga Uji Kompetensi FIKOM UPDM(B) mempunyai tugas untuk melakukan Uji Kompetensi Wartawan Baik Cetak maupun elektronik dan ini adalah kali kedua dilaksanakan dibantu oleh Dewan Pers dan PWI. Dikarenakan adanya kegiatan yang cukup padat Dekan FIKOM UPDM(B) maka setelah sambutan dilanjutkan dengan Foto Bersama dengan para Penguji  dan Peserta Uji Kompetensi Wartawan.

Penjelasan Teknis UKW dilakukan oleh Hendry CH. Bangun, M.I.Kom dilanjutkan dengan pembagian kelompok sesuai dengan penguji masing-masing yang juga dilakukan penjelasan oleh penguji agar pada saat Ujian dapat mengerjakan sesuai dengan yang ditanyakan. Setelah Ishoma dan Cofee Break peserta telah terbagi dalam kelompok dan penguji dan dilakukan penjelasan oleh Penguji masing-masing  dilanjutkan dengan Ujian Tahap Pertama. Untuk tahap selanjutnya sampai dengan tahap ketujuh dilakukan esok harinya pada hari Sabtu tanggal 23 September 2017 ditempat yang sama.

Acara setelah Ujian Tahap Terakhir/Ketujuh dilakukan laporan Hasil UKW oleh Tim Penguji yang menyatakan peserta lulus dengan Jenjang Wartawan Utama seluruhnya selanjutnya Kesan-kesan Peserta Ujian, sebagai kata akhir dilakukan sambutan Panitia yang sekaligus dilakukan penutupan UKW oleh Ketua Panitia yang dalam hal ini Dr. Usman Yatim, M.Pd selaku Direktur UKM PWI Pusat dan ditutup dengan Pembacaan Doa.

Humas – sl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *