Kuliah Umum Prodi AP FISIP UPDM (B) Dengan Pembicara Dr. Nata Irawan,SH, M.Si, Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa

Program studi administrasi publik  Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan kuliah umum dengan Pembicara Dr. Nata Irawan,SH, M.Si, (Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa). Kuliah umum mengusung tema “Peranan administrasi pemerintah daerah dalam membangun desa Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaya saing”. Kuliah umum dilaksanakan pada hari Jum’at, 22 September 2017, di Ruang FISIP Kampus I UPDM (B).

Acara dihadiri oleh Dekan Fisip UPDM (B) Dr. Taufiqurokhman, M.Si, Wadek II Fisip UPDM (B) Lukman Hakim, S.Sos., M.Si, Wakil Rektor I UPDM (B) Dr. Sumarhadi, SE, MM, Staf Khusus Ketua Pembina Yayasan UPDM  Moh. Natsir, SE, Akt, Wakil Direktur Program Pascasarjana UPDM (B) Dr. Budiharjo, M.Si, serta dosen dan mahasiswa.

Acara dibuka oleh Dekan Fisip UPDM (B) Dr. Taufiqurokhman, M.Si, dalam sambutannya mengatakan semoga kedepannya dapat melibatkan Fisip UPDM (B) dalam rangka mendampingi pemerintahan desa masing-masing. Serta berharap dana desa dapat mensejahterkan masyarakat yang ada di desa. Dilanjutkan dengan penyampaian kuliah umum oleh Dr. Nata Irawan,SH, M.Si.

Dr. Nata Irawan,SH, M.Si , mengatakan sesuai dengan Nawacita Presiden Joko Widodo dalam arah Kebijakan Pembangunan Perdesaan, perlu pemenuhan Standar Pelayanan Minimum dan Pengawalan Implementasi UU Desa secara Sistematis. Oleh sebab itu, Dr. Nata Irawan mengatakan, bersama-sama dengan Kementerian Dalam Negeri, pihaknya siap menggandeng dan melibatkan seluruh perguruan tinggi termasuk Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) untuk mengimplementasikan Tri Darma perguruan tingi dalam mengawasi penggunaan dana desa.

Saat ini, kebijakan afirmatif UU 6/2014 tentang desa berpengaruh positif terhadap efektivitas Pemerintah Desa dengan pengaruh positif yang sudah tercipta. Kepuasan itu terinci atas pelayanan publik, musyawarah, dan pembangunan desa. Masyarakat sudah mendapatkan kepuasan atas pelayanan publik, musyawarah, dan pembangunan desa. Saat ini Pemerintah Desa sudah sangat efektif dalam menyediakan layanan publik bagi masyarakat. Hal tersebut diakibatkan karena terjalinnya komunikasi antara aparat pemerintah desa dengan pelatih perencanaan pembangunan desa.

Acara ditutup dengan pemberian plakat kepada nara sumber Dr. Nata Irawan,SH, M.Si oleh Dr. Taufiqurokhman, M.Si, serta dilanjutkan dengan foto bersama. (isy-Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *