UPDM (B) Ikut Serta Dalam National Universities Debating Championship (NUDC)

Sehubungan dengan penyelenggaraan seleksi National Universities Debating Championship (NUDC) Wilayah III (Jabodebek dan Banten) tahun 2017. Kopertis Wilayah III mengadakan seleksi National Universities Debating Championship (NUDC), yang diselenggarakan di Universitas Mercu Buana pada tanggal 24 – 26 Juli 2017. National Universities Debating Championship (NUDC) merupakan lomba debat berbahasa Inggris yang diselenggarakan berkala setiap tahun oleh Kopertis Wilayah III, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan para mahasiswa dalam berpikir cepat, kritis dan logis, latihan berbicara di depan publik sehingga terbiasa berhadapan dengan banyak orang, meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris verbal, menjadikan mereka open minded, serta meningkatkan sportivitas. Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengirimkan perkawakilan lomba debat yaitu : Debaters : Johan Carmel dan Katheline – Mahasiswa HI – FISIP UPDM (B), serta Adjudicator Setya Ambar Pertiwi, MA – Dosen FISIP UPDM (B).

Pada hari pertama diawali dengan upacara pembukaan oleh Koordinator Kopertis Wilayah III, Dr. Illah Saillah, dan dihadiri oleh perwakilan perguruan tinggi (dosen, mahasiswa dan pendamping) serta Sekolah Menengah Umum wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Banten, dilanjutkan dengan simulasi debat oleh para debaters yang tergolong advanced dan telah memiliki pengalaman mengikuti beragam lomba debat, baik dalam negeri maupun luar negeri, yang bertindak pula sebagai chief adjudicator pada saat lomba berlangsung. Kegiatan diakhiri dengan adjudicator accreditation test yang diikuti oleh para adjudicator yang dikirimkan oleh institusi perguruan tinggi masing-masing.

Pada hari kedua merupakan lomba seleksi debat bergaya British Parliamentary system yang mewakili pihak pemerintah – 2 tim dan oposisi – 2 tim,  diikuti oleh 58 institusi perguruan tinggi wilayah Jabodebek dan Banten, yaitu: Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, UNJ, U. Sultan Ageng Tirtayasa, IPB, Politeknik Negeri Jakarta, UPN Veteran Jakarta, Unika Atma Jaya, UKI, Ukrida, UMJ, Unas, U. Pancasila, UPDM (B), U. Trisakti, U. Mercu Buana, U. Persada Indonesia YAI, U. Islam As-syafiiyah, U. Darma Persada, U. Mpu Tantular, U. Esa Unggul, UPH, U. Gunadarma, U. Binus, U. Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, UBL, U. Bunda Mulia, UMN, U. Bakrie, U. Trilogi Jakarta, U. Mohammad Husni Thamrin Jakarta, IISIP Jakarta, ITI, IBI Kwik Kian Gie, Institut Bisnis Nusantara, IBI Kosgoro 1957, STIE Indonesia, STIE YAI, STMIK Kuwera, STIE Trisakti, STT PLN, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Sekolah Tinggi Bahasa Asing Pertiwi Indonesia, STIK Sint Carolus STIK Binawan, Sekolah Tinggi Manajemen Asuransi Trisakti, STIE Indonesia Banking School, STIKes Abdi Nusantara Jakarta, STIKS Tarakanita, STIKES Mitra Keluarga, Akademi Akuntansi YAI, Akper RS PGI Cikini, Akper Indonesia jakarta, Akademi Bahasa Asing BSI Jakarta, Akper Berkala Widya Husada, Akper Pelni Jakarta, Politeknik Manufaktur Astra, Politeknik LP3I Jakarta. Para peserta tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4 tim perguruan tinggi yang akan bertanding dalam 3 gelombang, masing-masing gelombang terdiri dari 10 kelompok yang berlomba.

Pada hari ketiga adalah quarter final, semi final dan final kegiatan seleksi dinilai berdasarkan matter, manner, dan method yang dimenangkan oleh Universitas Indonesia, Universitas Bina Nusantara, Institut Pertanian Bogor. Sembilan peringkat terbaik dari seleksi NUDC akan diberangkatkan ke tingkat nasional untuk bertanding pada 3-8 September 2017 di Semarang dan pemenang nasional akan berlomba ke tingkat internasional di Mexico.

Acara ditutup oleh Sekretaris Kopertis Wilayah III Putut Pujogiri, SH

Isy-Humas UPDM (B)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *