Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2017/2018

Jakarta, 31 Agustus 2017

Menghadapai Tahun Akademik 2017/2018 mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti Program Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan pada tanggal 28 Pembukaan di kampus 2 FKG Bintaro dan tanggal 29 dan 30 Agustus di Serua Bogor dengan keberangkatan dari Kampus Hanglekir untuk FIKOM, FISIP dan FE dan Kampus 2 Bintaro untuk FKG.

Pembukaan PKKMB dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh peserta yang hadir baik Pimpinan, Dosen, Karyawan maupun Mahasiswa baru dilanjutkan dengan pembacaan doa dan Laporan Kegiatan oleh Ketua Pelaksana Bayquni, S.Sos, M.Pd.

Sebagai tanda dimulainya PKKMB ditandai dengan penyematan jaket Almamater secara simbolik oleh Warek I Dr. Andriansyah, M.Si kepada mahasiswa perwakilan 4 Fakultas dan Pasca Sarjana. Dilanjutkan dengan Pembacaan Doktrin yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru dan Sambutan oleh Warek I yang mewakili Rektor dikatakan bahwa tahun ini dan tahun-tahun berikutnya kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru akan lebih dikenal dengan sebutan PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru yang semua kegiatannya merujuk kepada Keputusanh Dirjen Dikti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 25/DIKTI/Kep/2014 tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru dan Surat Edaran Kemenristek dan Pendidikan Tinggi Nomor : 01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, salah satu isinya menyatakan Program PKKMB merupakan program Institusi bukan program Mahasiswa, karena itu menjadi tanggung jawab Pimpinan Perguruan Tinggi dengan Kepanitian melibatkan unsur Pimpinan, Dosen, Tenaga Kependidikan dan mahasiswa. Perguruan Tinggi dapat menerbitkan peraturan tentang tata perilaku mahasiswa yang berisi tata tertib dan sanksi untuk menghindari pelanggaran atas norma, etika dan peraturan.

Penyerahan mahasiswa baru kepada Fakultas masing-masing dilakukan oleh Warek I mewakili Rektor dengan penandatanganan Berita Acara yang dilanjutkan dengan Deklarasi Anti Narkoba dan Anti Perundungan (Bullying) yang dilakukan oelh seluruh Dekan Fakultas yang ada dispanduk yang telah disiapkan. Dilanjutkan dengan Perkenalan jajaran Pimpinan seluruh Fakultas dan Program Pasca Sarjana yang dilanjutkan sambutan Rektor yang baru tiba dilokasi acara karena satu dan lain hal yang dilanjutkan oleh UKM Agrawitaka yang membuat suasana menjadi hidup kembali.

Untuk lebih meningkatkan pengertian dan pemahaman tentang narkoba mahasiswa baru dilakukan penyuluhan P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba), yang pada kesempatan ini langsung dilakukan oleh Kepala BNN Komjend Pol. Budi Waseso berkenan hadir didampingi oleh moderator Dr. Andriansyah, M.Si. yang pada akhir penjelasannya dilakukan penandatanganan dispanduk Anti Narkoba dan Bullying yang telah ditandatangani sebelumnya oleh para Dekan Fakultas dan Program Pasca Sarjana dan ditutup dengan penyerahan cinderamata dari BNN dan juga UPDM(B).

Agar pemahaman dan pengenalan tentang sosok pendiri UPDM(B) bagi mahasiswa baru lebih jelas maka dilakukan pencerahan oleh ahli sejarah Indonesia Dr. Anhar Gonggong yang didampingi oleh Dr. Bambang Winarso, M.Sc sebagai moderator yang menjelaskan sosok Pak Moestopo lebih jelas dalam langkah perjuangannya yang dilanjutkan sesi UKM antara lain Agrawitaka, Diamma, PSMI, KMK dan PMK dan Isoma untuk makan siang dan sholat.

Setelah waktu istirahat untuk mencerahkan mahasiswa dilakukan penjelasan wawasan Kebangsaan oleh Dr. Dai Bachtiar dengan moderator Dr. Taufiqurokhman, M.Si yang menjelaskan agar mahasiswa memiliki wawasan yang luas dan dapat berprestasi baik didalam maupun diluar negeri dan memberikan langkah apa saja yang dapat dilakukan mahasiswa.

Sebagai penutup hari ini dilakukan pemberian motivasi kepada para mahasiswa baru oleh motivator Dr. Abdul Basith dengan moderator Usmar Ismali, MM dan ditutup dengan kembali kefakultasnya masing-masing untuk mempersiapkan acara esok hari menuju Serua Bogor.

Humas – sl

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *