Moestopo Peduli Bencana Banjir Kabupaten Belitung Timur

Dibawah binaan Kopertis Wilayah III Jakarta, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melakukan kegiatan peduli bencana banjir kabupaten Belitung Timur bersama 14 Universitas, yang terdiri dari 8 orang Dokter, 17 tenaga medis, 2 psikolog, 9 juru masak, 50 orang tenaga umum. Kegiatan berlangsung mulai 26 Juli sampai dengan 3 Agustus 2017. Kegiatan yang dilakukan antara lain : pelayanan kesehatan umum, kesehatan gigi, pelayanan dalam bidang pemulihan pasca bencana untuk anak-anak, kegiatan sosial berupa pembongkaran rumah, pembersihan jalan dan rumah warga di seputar Ds.Canggu.

 

Kegiatan ini sendiri berhasil melakukan pembongkaran rumah warga sebanyak 3 unit rumah, perbaikan SDN 7 dan perbaikan jalan desa di Ds.Canggu. Sedangkan kegiatan pendidikan untuk anak berupa pembagian seragam sekolah, buku tulis, sepatu dan trauma healing yang laksanakan di SDN3, SDN 7, SDN 9 dan SDN 21 yang tersebar di wilayah Gantung. Serta kegiatan kesehatan dilakukan pada beberapa titik, antara lain : Puskesmas gantung, Kerumah-rumah pasien, Posko Koramil, Balai desa meranteh dan Gedung MPB Ds.Canggu. Total pasien yang dilayani untuk kesehatan umum sebanyak 480 orang, dan yang datang langsung ke posko sebanyak 137 pasien, serta kesehatan gigi sebanyak 63 orang. Selain melakukan penanganan tindakan kesehatan gigi dan mulut tim kedokteran gigi juga melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebelum melakukan tindakan. Dalam kegiatan ini tiga penyakit yang sering ditemui adalah Hipertensi (darah tinggi), Infeksi Saluran Pernafasan Atas (batuk pilek) dan Osteoarthritis (Penyakit Sendi Tua)  dengan variasi penyakit lain berupa penyakit kulit.

Selain kegiatan pendidikan, sosial, dan kesehatan, UPDM (B) dan tim lain juga memberikan bantuan langsung yang diserahkan pada masyarakat berupa penampungan air, Kasur, sajadah, mukena, sarung, seragam SD, buku, alat tulis dan sepatu. Bantuan diserahkan di Dusun Canggu, Dusun Seberang, Dusun Slingsing, Kampung Bugis, Dusun Meranteh, dan Bukit Penyu.

Isy-Humas UPDM (B)

 

 

COMMENTS