PROGRAM PEMAGANGAN “BINA BNI” UNTUK MAHASISWA UNIVERSITAS PROF. DR. MOESTOPO (BERAGAMA)

x

Saat ini jumlah lulusan pendidikan menengah dan tinggi di Indonesia cenderung meningkat, sementara tingkat pengangguran relatif tinggi. Permasalahan ini diperparah pula dengan adanya kondisi dimana masih terdapat kesenjangan kualitas antara lulusan pendidikan dengan kebutuhan dunika kerja (link and match). Karena itu Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menyambut baik keinginan BNI di untuk meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan komunitas melalui program pemagangan yang dinamakan “BINA BNI”. Hal ini disampaikan pada pertemuan yang berlangsung pada Selasa, 13 Juni 2017 di ruang Rektor UPDM (B).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh Ketua Pembina Yayasan UPDM,  Rektor UPDM (B), Warek III Bidang Kerja Sama dan Pengembangan, Kabiro Kerja Sama dan Pengembangan, Kabag Kerja Sama, dan pihak BNI yang diwakili oleh Ibu Adra serta Bapak Yanto dibicarakan bahwa melalui program pemagangan yang dinamakan “BNI Bina Bangsa” atau disingkat “Bina BNI” ini, BNI bermaksud memberikan pelatihan kerja dan bimbingan kerja kepada angkatan kerja yang belum berpengalaman. Dalam program tersebut peserta akan diberikan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan (knowledge, skill, ability) yang dibutuhkan agar mampu bersaing di dunia kerja, khususnya di dunia perbankan.

Peserta yang mengikuti program “BINA BNI” mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan sesuai dengan standar industri perbankan dengan terlibat secara langsung dalam praktek sehari-hari. Peserta juga akan diberikan uang saku setiap bulan dengan jumlah diatas Upah Minimum Rata-rata (UMR), uang makan, uang penunjang penampilan ( khusus untuk Customer Service dan Teller),  uang penunjang layanan Teller (khusus untuk Teller), jaminan kesehatan (BPJS Kesehatan), jaminan kecelakaan kerja dan kematian (asuransi), serta tabungan prestasi yang akan diberikan pada akhir program dan besarannya ditetapkan berdasarkan hasil evaluasi bulanan, evaluasi akhir per jenjang dan evaluasi akhir program pemagangan.

Adapun jangka waktu pemagangan per jenjang/periode adalah 1 tahun. Pemagangan untuk posisi teller dapat dilakukan selama 3 jenjang/periode, sedangkan untuk posisi Asisten Administrasi dapat dilakukan selama 2 jenjang/periode.

Mahasiswa UPDM (B) yang sudah menjalani dan lulus sidang skripsi serta telah memeroleh nilai dari sidang skripsinya tersebut berhak mengikuti tes oleh pihak BNI yang nantinya akan diselenggarakan di lingkungan UPDM (B). Hanya mahasiswa yang telah memiliki nilai IPK minimal 2,5 yang bisa mengikuti tes Program BINA BNI. Persyaratan lainnya adalah mahasiswa berusia tidak lebih dari 25 tahun saat pendaftaran dan mimiliki tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita. Selain itu mahasiswa yang mengikuti program magang ini harus lajang dan bersedia untuk tidak menikah selama masa pemagangan.

Rektor UPDM (B) berharap agar program yang menguntungkan kedua belah pihak ini dapat segera terealisasi dan semoga di masa mendatang akan ada lagi berbagai program dari BNI yang dapat memudahkan mahasiswa di dalam melaksanakan pendidikan di UPDM (B).

Isy-Humas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *