Program Pascasarjana UPDM (B) Mengadakan Kuliah Umum

Dalam rangka melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Desa Guna Pengelolaan Dana Desa”, pada hari Sabtu, (17/6) bertempat di Aula fisip Lt. 2 Kampus I UPDM (B) jakarta Pusat. Pembicara dalam Kuliah Umum tersebut yaitu Dr. Nata Irawan, SH,. M.Si (Dirjen Bina Pemerintah Desa). Hadir dalam acara tersebut Rektor UPDM (B) Prof. Dr. Rudy Harjanto,. M.Sn, Wakil Rektor III UPDM (B) Dr. Bambang Winarso,. M.Sc, Anggota Pembina Yys. UPDM Prof. Dr. Thomas Suyatno, MM, Sekretaris Pengurus Ys. UPDM drg. Johanes Octavianus Tumilisar, Staf Khusus Ketua Pembina Yys. UPDM Moh. Natsir, SE, Akt, dan Direktur PPs UPDM (B) Prof. Dr. Paiman Raharjo,. MM, M.Si beserta jajarannya dan Dr. Novita Damayanti, M.Si sebagai moderator.

Acara di buka oleh Direktur PPs UPDM (B) Prof. Dr. Paiman Raharjo,. MM, M.Si, dalam sambutannya  mengucapkan terimakasih kepada semua yang hadir dalam acara kuliah umum ini. Seminar ini merupakan suatu hal yang sangat positif untuk menambah ilmu karena nara sumber kita hari ini merupakan praktisi yang sangat handal yaitu Dr. Nata Irawan, SH,. M.Si (Dirjen Bina Pemerintah Desa). Saya berharap agar mahasiswa dapat merangkum apa yang nanti akan disampaikan oleh nara sumber, karena merupakan salah salah prasyarat dalam kelulusan, serta diharapkan mahasiswa-mahasiswi PPs UPDM (B)  dapat mengikuti acara ini dengan tertib sampai selesai. Setelah sambutan dari Direktur PPs UPDM (B) dilanjutkan dengan sambutan Rektor UPDM (B) Prof. Dr. Rudy Harjanto,. M.Sn. Dalam sambutannya Rektor UPDM (B) menyampaikan bahwa indonesia mempunyai kurang lebih 17.000 pulau, sehingga kita dapat membayangkan begitu besar potensi yang dapat kita kembangkan, jika dijajaki dengan baik dan benar. Kalimantam Utara lebih cenderung menggunakan mata uang ringgit dibandingkan rupiah, karena ksenjangan budaya disana.

Setelah sambutan dari Rektor UPDM (B) dilanjutkan dengan paparan dari nara sumber yaitu Dr. Nata Irawan, SH,. M.Si (Dirjen Bina Pemerintah Desa) yang mengusung tema “Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Kompetensi Aparatur Desa Guna Pengelolaan Dana Desa”. Berdasarkan pemaparan beliau, jumlah desa pada tahun 2017 sejumlah 74.910; berdasarkan data tahun 2014, jumlah desa tertinggal sebanyak 20.432 desa (27%); berdasarkan data tahun 2015 jumlah penduduk di desa berjumlah 128.5 Juta. Pokok persoalan dalam Kapasitas Aparatur Desa yaitu Kualitas sumber daya manusia masih rendah, Infrastruktur pemerintah desa belum memadai, anggaran belum mencukupi, Koordinasi antar K/L yang terkait masih lemah, dan kondisi ini diharapkan dengan tata kelola pemerintah desa semakin baik dan pelayanan kepada masyarakat semakin baik dapat mewujudkan desa yang kuat, maju, mandiri, dan demokratis.

Kuliah umum ditutup dengan do’a oleh Ir. Enisar Sangun, M.Sc, Ph.D dan penyerahan plakat kepada Dr. Nata Irawan, SH,. M.Si serta  Dr. Novita Damayanti, M.Si oleh  Prof. Dr. Paiman Raharjo,. MM, M.Si.

Isy/ Humas UPDM (B)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *