UPACARA ANGKAT SUMPAH DOKTER GIGI BARU

Jakarta, 30 Maret 2017

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), menyelenggarakan angkat sumpah bagi dokter gigi baru lulusan semester ganjil tahun akademik 2016/2017 di Granada Ballroom Menara 165, Jl. TB Simatupang Kav.1 Cilandak Timur Jakarta Selatan pada hari Kamis, 30 Maret 2017 dihadiri oleh Ketua Pengurus : Ignatius Kusnanto, S.Kom, Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II Bidang Keuangan Dr. Sumarhadi, SE., MM., Dekan FKG UPDM (B) Dr. Paulus Januar, drg., MS beserta jajarannya, Dekan FIKOM UPDM (B) Dr. Prasetya Yoga Santoso, MM., Wakil Dekan III FE Subedi Basuki, SE, MM., Dekan Yarsi dan Dinas Kesehatan Jakarta Selatan.

Upacara pengangkatan sumpah dokter gigi baru dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), DR. Paulus Januar Satyawan, drg, MS. kemudian dilanjutkan dengan laporan akademik oleh Wakil Dekan I DR. Mirna Febriani, drg, M.Kes.

Prosesi pengangkatan sumpah di awali dengan Pengucapan lafal sumpah dokter gigi di pimpin oleh Dekan FKG diikuti oleh 15 orang dokter gigi baru dilanjutkan dengan pembacaan doa dan pengukuhan yang didampingi oleh para rohaniawan, selanjutnya penandatangan naskah sumpah dan penyerahan buku kode etik dokter gigi serta penyerahan para dokter gigi baru dari Ketua Senat Mahasiswa FKG kepada Wakil Dekan III Diah Indriastuti, drg., SpRKG(K) selanjutnya diserahkan kepada ketua alumni FKG UPDM (B) yang diwakili oleh Drg. Revita Astri.

Dalam sambutannya Dekan FKG menyatakan bahwa target tahun 2030 Indonesia harus bebas dari penyakit mulut dan itu harus menjadi target dokter gigi baru bersama dengan para seniornya dimana pada saat itu dokter gigi baru sudah berada diposisi puncak karier dan untuk pertama kalinya penyebutan berubah menjadi teman sejawat/seprofesi.

Rektor yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II Dr. Sumarhadi, SE, MM., mengingatkan kepada para dokter gigi baru, bahwa akan menghadapi tugas baru yaitu tugas profesi dalam rangka mengamalkan ilmu serta mengabdikan diri pada masyarakat, bangsa dan negara. Juga disampaikan bahwa tugas dan tanggungjawab yang diemban tidaklah mudah dan ringan karena masalah yang dihadapi dalam bidang pembangunan kesehatan gigi dan mulut bangsa Indonesia begitu kompleks, oleh karenanya dituntut untuk memiliki kemampuan profesionalitas yang tinggi karena tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat serta perkembangan IPTEK yang pesat dimana ada istilah mbah google sebagai tempat pertanya untuk segala hal. Untuk itu berfikirlah 10%, bertindak 70% dan sisanya berdo’a, jangan melupakan almamater dimana diharapkan tidak lama lagi ada S2 bahkan S3 bidang Kedokteran umum maupun gigi agar selalu meningkatkan profesionalitas, secara terus-menerus memperbarui keilmuan dan wawasan yang luas dengan mengikuti pendidikan.

Ketua Pembina drg. RM. H. Hermanto, JM, SKG, MM yang diwakili oleh Ketua Pengurus Ys. UPDM, Ignatius Kusmanto, S.Kom, dalam sambutannya mengingatkan bahwa para dokter gigi baru akan menghadapi tugas baru yaitu tugas profesi dalam rangka mengamalkan ilmu serta mengabdikan diri pada masyarakat, bangsa dan Negara, terus belajar untuk berkarya agar Indonesia bebas dari penyakit mulut seperti perjuangan pendiri dan Bapak Dokter Gigi Indonesia Prof. Dr. Moestopo dan memiliki nilai-nilai yang dicanangkan antara lain : mempunyai manfaat dan nilai bagi orang lain, bisa membantu diri kita dan berkembang, berbuat dan berkarya secara maksimal, pecahkan masalah jangan lari dari masalah, jangan terlalu percaya diri sendiri dan orang lain, kerja sepenuh hati dan semua jauh lebih mudah jangan membuat susah dan selalu senyum dan jangan lupa bahwa segala karya adalah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Pada pengangkatan sumpah dokter gigi kali ini, dokter gigi dengan IPK tertinggi diraih oleh Drg. Laurentius Paskal Rinaldi dengan IPK 3,70 yang juga memberikan sambuatan atas nama sumpahwan dan juga sambutan dari wakil orang tua. Upacara angkat sumpah diakhiri dengan pemberian cindera mata dari sumpahwan kepada Dekan, Warek II dan Ketua Ikatan Alumni FKG yang dilanjutkaan dengan pembacaan doa dan pemberian ucapan terima kasih kepada para orang tua masing-masing yang dipenuhi oleh rasa haru dan foto bersama sumpahawan dengan Dekan FKG UPDM (B) beserta jajarannya, Wakil Rektor II, Ketua Pengurus Harian Yayasan UPDM dan Wakil Alumni FKG UPDM(B) dan para pimpinan Fakultas.

HUMAS UPDM (B) – sl

 

COMMENTS