Kuliah Umum PPS UPDM(B) dengan thema “Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Masyarakat Daerah dan Desa”

Jakarta, 18 Maret 2017

Dalam rangka pembukaan perkuliahan untuk semester ganjil 2016-2017 Program Pasca Sarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) mengadakan kuliah Umum dengan thema “Penguatan Peran Perguruan Tinggi dalam Pembangunan Masyarakat Daerah dan Desa” bertempat di ruang Auditorium FISIP lantai 2 pada tanggal 18 Maret 2017 jam 10.00 sampai dengan selesai dengan pembicara Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA (Menteri Desa PDTT), DR. Sumarsono, MDM (Dirjen OTDA Kemendagri/ PLT Gubernur DKI Jakarta), Zaenuddin Amali, SH, Msi (Anggota DPR Komisi II) dan sebagai moderator Effendi Gazali PhD., MPS ID (Pakar Komunikasi UI)

Sebagai pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang diikuti oleh seluruh yang hadir dan dilanjutkan dengan pembukaan Kuliah umum oleh Direktur Program Pascasarjana : Prof. Dr. Paiman Rahardjo, M.Si yang menyatakan bahwa kuliah umum ini wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PPS untuk seluruh jurusan yang ada dan akan ditutup dengan kuliah perdana masing-masing jurusan.

Kata sambutan Rektor diwakili oleh Wakil Rektor III : Dr. Bambang Winarso, M.Sc. yang menyatakan bahwa kuliah umum ini adalah sebagai pembuka jalan bagi mahasiswa untuk memasuki perkuliahan selanjutnya dan diharapkan dapat membuka cakrawala para mahasiswa.

Kuliah umum dimulai oleh Zaenuddin Amali, SH, Msi yang memberikan pembekalan selaku alumni dan juga anggota DPR komisi II yang bermitra dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Bidang Desa), dilanjutkan Eko Putro Sandjojo, BSEE, MBA (Menteri Desa PDTT) dengan pemaparan implementasi UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pembagian Peran antara Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menekankan pada arah kebijakan RPJMN 1 sampai dengan RPJMN 4 yang dicanangkan oleh Pemerintah untuk menanggulangi ketertinggalan Daerah dari Pusat dimana langkah pembangunan akan dikonsentarsikan ke daerah dan banyaknya Pejabat yang langsung meninjau kelapangan.

Dr. Sumarsono, MDM selaku PLT Gubernur DKI Jakarta menjelaskan kebijakan yang dilakukan dalam membangun DKI Jakarta sebagai barometer daerah lain untuk melakukan pembangunan dan pengembangan daerah lain juga tidak lepas dari RPJMN 1 sampai dengan RPJMN 4 yang dicanangkan Pemerintah Pusat untuk djuga dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dengan DESARTADAnya terutama unsur yang paling dasar adalah Pelayanan, juga disinggung tentang peran Perguruan Tinggi untuk aktif dengan tridharmanya untuk turut berperan aktif.

Acara Kuliah Umum ini seluruhnya dikendalikan oleh Effendi Gazali, PhD, MPS.ID (Pakar Komunikasi) yang membuka peluang untuk terjadinya dialog, namun karena keterbatasan waktu dibatasi hanya 3 orang penanya yang langsung dijalan oleh masing-masing permasalahn yang menjadi pertanyaan mahasiswa dan dilanjutkan dengan penyeraha cindera mata untuk masing-masing Pembicara yang diberikan oleh Pimpinan dari Rektorat maupun PPS….

Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama dan kulaih perdana untuk masing-masing Jurusan…

Humas – sl

 

COMMENTS