Diskusi Publik dalam rangka Dies Natalis ke 56 UPDM(B) dengan tema “ Demokrasi Kebangsaan di Republik Sosial Media”

Jakarta, 24 Maret 2017

Dalam rangka kegiatan Dies Natalis ke 56 Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) salah satunya adalah acara Diskusi Publik dengan tema “Demokrasi Kebangsaan di Republik Sosial Media bertempat di Bakoel Koffie Cikini Jakarta pada tanggal 23 Maret 2017 jam 12.00 sampai dengan selesai yang didahului dengan makan siang untuk para peserta yang terdiri dari wartawan media elektronik maupun online kurang lebih 40an wartawan yang hadir.

Acara dibuka oleh Wakil Dekan I FKG  Dr. Mirna Febriani, drg.,M.Kes. selaku MC dengan menyayikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan kata sambutan oleh Dekan FKG Dr. Paulus Yanuar, drg., MS mewakili Pimpinan dan diskusi ini dipandu oleh Wakil Dekan I FIKOM  H. M. Saefulloh, S.Sos, M.Si dengan pembicara Haryadi dari JASMEV tim media Ahok-Jarot, Musa dari JASMED tim media Anis-Sandi dan pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Indonesia Effendi Gazali PhD., MPS ID.

Dalam paparannya Haryadi mengatakan media sosial yang dikelolanya dengan sistem dari hati ke hati dengan memanfaatkan dropbox dan melawan berita hoax dengan kreatifitas sehingga para pengguna media sosial merasa aman dan yaman dan bergerak secara bersama-sama diantara para pendukung walaupun tampilan berbeda-beda sehingga penggalangan kekuatan dapat lebih efektif dan terencana.

Sedangkan Musa yang memanfaatkan jaringan media sosial dengan memanfaatkan relawan yang ada di beberapa negara tetangga untuk mendukung dan melebarkan sistem jaringan media sosialnya agar tim dapat bergerak dengan bebas dan luas dan media sosial tidak terlalu difokuskan tetapi langkah door to door dimana relayan bergerak sendiri-sendiri.

Effendi Gazali sebagai pengamat komunikasi mengatakan bahwa media sosial dalam pilkada saat ini sudah mengarah ke brutal dimana indikasinya dengan relawan yang tidak terorganisir denganbaik, orang bebas masuk ke laman yang ada dengan komentar sesukanya karena merasa memiliki laman dan diskusi tersebut dan ini musti dikaji lebih dalam untuk pembenahannya melalui Psikologi Komunikasi.

Dalam diskusi ini juga dilakukan tanya jawab tanpa kesimpulan dan dibagian akhir ada penyerahan cindera mata dari Panitia Dies Natalis yang diwakili oleh Dekan FKG Dr. Paulus Januar, drg., MS.

Humas – sl

 

COMMENTS