Fisip UPDM (B) Mengadakan Pengabdian Kepada Masyakarat Di Kampung Kadusewu, Rabak, Rumpin, Bogor

IMG_9382

IMG_9378IMG_9349

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPDM (B) mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Kampung Kadusewu, Desa Rabak, Kecamatan Rumpin, Bogor, Jawa Barat. Kegiatan berlangsung selama tiga hari tanggal 3 – 5 Februari 2017. Fisip UPDM (B) bekerjasama dengan beberapa universitas di jakarta, antara lain : Universitas Budi Luhur Bakti, Kalbis Institute, Universitas Yarsi, Universitas Mercu Buana, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Saint Carolus. Adapun bentuk pengabdian kepada masyarakat yaitu Penyuluhan kepada masyarakat, pengobatan umum gratis, dan pembagian sembako grtais. Hadir dalam acara tersebut Dekan Fisip UPDM(B) Dr. Himsar Silaban, MM, Wadek I Fisip UPDM (B) Ryantori, S.Sos, M.Si, Wadek II Fisip UPDM (B) Dr. Budiharjo, M.Si, Wadek III Fisip UPDM (B) Lukman Hakim, S.Sos., M.Si, Kaprodi AN Fisip UPDM (B) Harits Hafiid, S.Sos., M.Si, serta Jajarannya dan Kepala Desa Rabak, dan ketua RT setempat.

IMG_1314IMG_9391

IMG_1305IMG_9383

Pada kegiatan tersebut dibuka oleh Dekan Fisip UPDM(B) Dr. Himsar Silaban, MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi. Komponen Tridharma Perguruan Tinggi antara lain : pendidikan; pengabdian kepada masyarakat; serta penelitian. Hal ini tentunya harus diimplementasikan baik itu para dosen maupun para mahasiswa. Untuk mahasiswa tentunya diharapkan bahwa ketiga komponen inilah kalau diikuti dengan benar dapat menentukan kompetensi mereka, karena dibangku kuliah hanya diajarkan teori tentu implementasi dilapangan sangatlah berbeda, sering juga disebut dengan das sollen in design. Disitulah muncul kegiatan penelitian, dan itu menjadi modal buat mereka dalam membuat makalah ataupun skripsi. Dan tak lupa juga kepada masyarakat kami menitipkan para mahasiswa-mahasiswi kita dan berterimakasih atas kesediaanya menerima mahasiswa-mahasiswi Fisip UPDM (B) untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dan sekaligus melaksanakan bakti sosial. Tentunya kita berharap bahwa anak-anak mahasiswa kita bisa menjadi sumber motivator bagi anak-anak yang ada dilingkungan kampung kadusewu sehingga masyakat kampung kadusewu bersedia untuk meningkatkan pendidikan dan tertarik untuk menyekolahkan ke perguruan tinggi mereka melalui sikap perilaku keteladanan yang ada pada mahasiswa-mahasiswi Fisip UPDM (B).

IMG-20170212-WA0004IMG-20170212-WA0005---Copy

20170212_08471120170212_084626

Dalam kegiatan kepada masyarakat ini penyuluhan disampaikan oleh : Wadek III Fisip UPDM (B) Lukman Hakim, S.Sos., M.Si, dengan tema implementasi program-program pemerintah tentang pengentasan kemiskinan. Setya Ambar Pertiwi, MA Dosen Fisip UPDM (B) dengan tema human trafficking, bentuk-bentuk, faktor-faktor penyebab dan cara pencegahannya. Dra. Yoyoh Rohaniah, MM dengan tema penanaman nilai-nilai kejuangan dan cinta tanah air melalui cerita-cerita kepahlawanan, penegenalan adat istiadat dan budaya nusantara, lagu-lagu wajib nasional dan daerah.

20170212_10492120170212_084859

20170212_094700IMG_0257

Acara ditutup oleh Wadek III Fisip UPDM (B) Lukman Hakim, S.Sos., M.Si, dalam sambutannya mengatakan tiga hari bukanlah waktu yang lama, tetapi yang menjadi poin bagaimana kita berada ditengah-tengah masyarakat dan kedekatan dengan masyarakat. Maka sangatlah berdosa kalau kita tidak menginjakkan kaki kita di desa, karena kejujuran, dan kepolosan hanya ada di desa. Kami hanya mengantarkan agar keilmuan yang kita miliki harus kembali kepada masyarakat, dan tak lupa mengucapkan terimakasih kedapa masyarakat kampung kadusewu atas penerimaannya terhadap mahasiswa-mahasiswi kami dan mohon mahan bila ada kesalahan atau tingkah laku yang salah pada mahasiswa-mahasiswi kami.

Isy/ Humas UPDM (B)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *