DSC_0015

Jakarta, 12 Februari 2015
Dalam rangka memperingati Hari Libur Profesional “Hari Dinas Diplomatik Rusia” yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Februari, yang pada tahun 1549 dalam dokumen arsip kuno ditemukan pertama kali nama Lembaga Pengutusan Duta Besar yang diubah menjadi Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Federasi Rusia di Indonesia mengadakan seminar pada tanggal 12 Februari 2016 bertempat di Pusat Kebudayaan Rusia Jalan Diponegoro Jakarta Pusat dari jam 16.00 sampai dengan 18.00.

DSC_0008DSC_0012 DSC_0025 DSC_0013
Peserta acara ini ialah para pakar dan akademis Indonesia, para dosen dan mahasiswa-mahasiswi perguruan tinggi Indonesia seperti Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) FISIP Jurusan HI, UNPAD Bandung, Universitas Indonesia dan badan-badan pemerintah Indonesia, pebisnis, wartawan kantor berita Indonesia, para duta besar dari beberapa negara asing dan staf kedutaan-kedutaan besar negara asing di Jakarta.

DSC_0007 DSC_0017
Yang menjadi pembicara tunggal adalah Duta Besar Federasi Rusia di Indonesia Bpk. Mikhail Galuzin yang menjelaskan pandangan Rusia terhadap gejolak politik Internasional terutama pandangan tentang peran Amerika Serikat, Situasi Timur Tengah, Afrika Utara serta ekstremis dan terorisme mengatasnamakan negara Islam ISIS di Suriah dan Irak juga pandangan Rusia terhadap serangan terorisme pesawat terbang Rusia di Sinai, orang damai di Perancis, Irak, Turki Lebanon dan Mesir.

DSC_0014DSC_0021 DSC_0019DSC_0023 DSC_0031 DSC_0041
Juga dibahas dengan munculnya pusat-pusat pertumbuhan ekonomi yang baku, keuangan dan pengaruh politik di luar Barat seperti Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Asean juga kaitan dengan lembaga-lembaga yang bertanggungjawab atas ekonomi dan Politik Internasional terutama IMF, PBB dan Dewan Keamanan PBB. Juga dibahas tentang struktur keintegrasian pasca Sovyet terutama Uni Ekonomi Eurasia (Armenia, Belaras, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Rusia), dalam format BRICS (Brazil, Rusia, India, Tiongkok, Afrika Selatan)
Acara disi dengan tanya jawab dari para peserta baik dari mahasiswa/mahasiswi, dosen maupun pengamat dan ditutup dengan makan malam bersama seluruh peserta seminar yang hadir..
Humas UPDM(B)/sl

Leave a Comment