Kalangan Akademisi Dukung KPI Evaluasi Perpanjangan Izin Stasiun Televisi

KPI

28 January
👤by Rizky Basuki Rachmat
KBRN, Jakarta : Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sedang mengkaji perpanjangan izin stasiun televisi ‎yang masanya habis tahun ini. Salah satunya, melalui mekanisme uji publik atau evaluasi dengar pendapat (EDP) Izin Penyelenggaraan Penyiaran (IPP) Lembaga Penyiaran Swasta (LPS) – Induk Televisi Berjaringan.

image

Langkah tersebut mendapatkan dukungan dari Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof Dr Moestopo (FIKOM UPDM). Wakil Dekan Fikom UPDM, Muhammad Saifulloh mengatakan, langkah KPI itu sudah sesuai dengan amanat Undang-Undang Penyiaran tahun 2002, yang menyatakan bahwa publik adalah pemilik sah frekuensi, karena itu publik memiliki hak penuh untuk menilai muatan yang ada pada frekuensi.

“Kami berpendapat bahwa uji publik KPI sudah sesuai dengan koridor hukum tentang perpanjangan izin siar, karena mengacu pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 28 tahun 2008. Selain itu, sudah sepantasnya publik dilibatkan dalam menilai stasiun TV, karena mereka berbisnis di ranah publik. Idealnya, uji publik dilakukan berkala, artinya KPI secara periodik juga melibatkan publik dalam memantau konten televisi,” ujar Saifulloh kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Selain mendukung langkah KPI dalam uji publik tersebut, Saiful berharap KPI memperhatikan Track Record televisi-televisi selama ini, khususnya bagi Televisi yang sering melakukan pelanggaran, serta penilaian terhadap respon stasiun tersebut terhadap sanksi yang pernah dijatuhkan KPI.

Saat ini KPI membuka kesempatan bagi masyarakat untuk ikut melakukan evaluasi mengirimkan saran/kritik mengenai isi siaran stasiun tersebut ke: [email protected], sebelum 31 Januari 2016. KPI sendiri mencatat ada 10 stasiun televisi swasta yang akan habis masa izinnya di tahun 2016, diantaranya RCTI, TPI, GlobalTV, SCTV, Antv, Indosiar, TV One, MetroTV, TransTV, dan Trans7. (RBR/HF) (Berita dari rri.co.id)

http://www.gatra.com/entertainment/televisi/184404-akademisi-dukung-publik-terlibat-dalam-uji-publik-konten-televisi

http://m.merdeka.com/peristiwa/uji-publik-kpi-peluang-masyarakat-untuk-mengevaluasi-stasiun-tv.html

 

COMMENTS