Rapat Kerja Bidang Akademik Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

IMG_4062

Jakarta, 31 Juli 2015
Dalam rangka menghadapi tahun akademik 2015/2016, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) melaksanakan Rapat Kerja Bidang Akademik mulai tanggal 29 Juli sampai dengan 31 Juli 2015 bertempat di Grand Hotel Lembang Bandung yang dihadiri oleh seluruh pimpinan dari Yayasan, Rektorat dan Fakultas serta PPS.
Dalam laporannya Penanggung Jawab/panitia penyelenggara Dr. Sumarhadi SE, MM yang sekaligus sebagai Warek I Bidang Akademik memberikan latar belakang penyelenggaraan Raker Bidang Akademik dengan menilai Posisi Persaingan dibandingkan dengan daya tarik pasar dan nilai keunggulan bidang akademik dimana muara akhirnya adalah Kurikulum yang sesuai dengan UU Perguruan Tinggi yang berbasiskan KKNI.
Hipotesis Keunggulan UPDM(B) menghadapi tantangan masa depan adalah :
1. Penerapan kurikulum yang tepat (KKNI), akan meningkatkan nilai dan keunggulan UPDM(B),
2. Semakin tinggi tingkat nilai yang dicapai, semakin tinggi daya saing UPDM(B) dan
3. Semakin tinggi pula minat masyarakat terhadap output dan outcome UPDM(B).
Dengan kesimpulan :
1.Pengembangan Kurikulum (KKNI) melalui Raker ini sanagt perlu,
2.Cita-cita menjadi UNGGUL (the real Excellence), perlu tindakan nyata yang lebih panjang ketimbang ketika mencetuskan cita-cita (Impian)
3. Mencapai impuan UNGGUL perlu komitmen dari semua pemegang kepentingan tidak terkecuali dalam bentuk tindakan
4.Meskipun berdoa itu singkat, namun doa merupakan senjata ampuh untuk menetapkan KETEGUHAN, KEJUJURAN dan KOMITMEN agar impian dapat terwujud.

IMG_4051 IMG_4107
Dalam makalah pembukaan yang diberi judul Kebijakan Akademik dan Antisipasi Krisis, Rektor UPDM(B) Prof. Dr. H.Sunarto, Msi memilah bahasan dari Krisis, Isu Strategi Pendidikan tinggi dan Kesiapan atasi Krisis. Beliau menekankan tantangan terberat pendidikan tinggi adalah mutu, dimana upaya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi adalah :
1. Pemantapan Akreditasi
2.Menerapkan Total Quality Management (TQM)
3. Merancang dan menggunakan kurikulum/program studi yang marketable atau demand oriented, sehingga lulusan suatu perguruan tinggi dapat diserap oleh pasar tenaga kerja.
4. Pengelola perguruan tinggi terutama pimpinannya hendaklah memiliki profesionalisme yang tinggi terutama dalam bidang manajemen
5. Melakukan peningkatan mutu dosen
6. Mengembangkan jaringan kerja sama (networking) antara perguruan tinggi dengan masyarakat terutama dalam hal penyusunan kurikulum dan penyaluran lulusan perguruan tinggi
7. Melengkapi sarana perguruan tinggi dengan laboratorium dan perpustakaan yang mendukung kemampuan dan keterampilan mahasiswa
8. Mengembangkan etos interpreneurship pada mahasiswa sehingga ketika mereka lulus tidak hanya menggantungkan pada lapangan kerja yang tersedia tetapi justru mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Sambutan Ketua Pembina Yayasan yang diwakili oleh ketua pengurus Ignatius Kusnanto, S.Kom menekankan UPDM peningkatan mutu dengan peningkatan kurikulum yang dibahas dalam raker ini serta hal-hal yang berkaitan.
Sedangkan Pembina Yayasan UPDM Prof. Dr. Thomas Suyatno, MM menekankan penjabaran dari UU RI No.12 tahun 2012 Pasal 35 dan 36 tentang Kurikulum dan pasal 5 tentang tujuan Perguruan Tinggi.
Setelah Ishoma dilanjutkan dengan pembagian 2 Kelompok dimana Kelompok I merupakan Para Pimpinan dan para Dekan serta Direktur yang membahas masalah Nisbah Dosen dan Mahasiswa yang dipimpin oleh Prof.Dr.Thomas Suyatno, MM dibantu Ketua Pembina dan Pengurus Yayasan UPDM dengan Notulen Setyo Ambar Pertiwi, SE, MA
Kelompok II membahas masalah SKPI dan Ijasah/Transkrip Billingual dengan moderator Usmar Ismail, SE, MM dan Drs. Soenardi DS, M.Si serta notulen Andry Cancereza, S.Sos.
Hari kedua pengarahan dan tutorial pengembangan kurikulum pendidikan tinggi terkait Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI dalam rangka peningkatan kompetensi lulusan perguruan tinggi dan implementasi Permendikbud No.49 tahun 2014 dengan Nara Sumber Megawati Santosa, Ph.D, Moderator Drs. Soenardi DS, M.Si dan MC : Dr. Mediana Handayani, M.Si

IMG_4186IMG_4094
Setelah makan siang dibagi kelompok sesuai dengan Fakultas masing2 yaitu FKG pendamping Prof.Dr. Budiharto, SKM, FISIP pendamping Dr. Andriansyah, M.Si, FE pendamping Moh. Natsir, SE, Akt, FIKOM pendamping Dr. Bambang Winarso, M.Sc dan PPS pendamping Prof. Dr. J. Basuki, P.Psi dengan narasumber Megawati Santoso, Ph.D, Supervisor, Drs. Soenardi DS, M.Si dan MC Dr. Mediana Handayani, M.Si.

IMG_4207IMG_4208 IMG_4209IMG_4210 IMG_4211 IMG_4212
Acara malam dipadatkan yang diawali setelah makan malam dengan membahas masalah data base terkait dengan pelaporan EPSBED/PDPT Sistem Feeder PD Dikti dan akses sinkronisasinya yang dibawakan oleh Satya Adriansyah, S.Kom, M.Kom dari BAPSI dan Watriningsih, SE, MM dari Warek I
Dilanjutkan dengan diskusi perkembangan Prodi Baru dan Program Kerja sama dalam dan luar negeri dan Kalender Akademik 2015-2016 yang disampaikan oleh Warek I bapak Dr. Sumarhadi SE, MM dan Dr. Mediana Handayani, M.Si dengan moderator Dr. Bambang Winarso, M.Sc

IMG_4213IMG_4215 IMG_4223IMG_4231 IMG_4234 IMG_4238
Diakhiri dengan kesimpulan dan penutupan oleh Rektor Prof. Dr. Sunarto, M.Si dan doa penutup oleh Dekan FIKOM Dr, Hanafi Murtani, MM dan hasil yang disepakati serta diputuskan dalam Raker adalah :
1. Perlu segera ditunjuk dengan SK Rektor “TIM SKPI” yang akan merumuskan baik format maupun konten Surat Keterangan Pendamping Ijazah berdasarkan masukan dan contoh yang ada, yang terdiri dari unsur-unsur Fakultas, PPS dan Rektor. Tim juga akan menyususn “SOP” untuk SKPI tersebut. Diperlukan sosialisasi kepada para mahasiswa dan para dosen maupun karyawan terkait mengenai ketentuan SKPI berdasarkan Permendikbud No.81 Tahun 2014.
2. Perlu segara ditunjuk dengan SK Rektor “Tim Ijazah dan Transkrip Bilingual”, yang akan merumuskan baik format maupun konten ijazah bilingual dan transkripnya sesuai kesepakatan, meskipun banyak contoh yang menjadi pertimbangan, namun peserta raker menyepakati formatnya menggunakan format ijazah dan transkrip UPDM(B) dengan penyempurnaan diantaranya ijazah menggunakan “Hologram dan Cue Archod”, selain itu ijazah yang diterbitkan harus ada recordnya (terekam dalam sistem).
3. Setelah mendapatkan pencerahan dan arahan dari ibu Megawati Santoso, diminta agar masing-masing Fakultas dan Program Pasca Sarjana menindaklanjuti dan menyempurnakan rancangan kurikulumnya masing-masing sampai dengan silabinya berdasarkan KKNI, untuk nantinya akan menjadi kurikulum operasional UPDM(B) yang disahkan oleh Rektor. Diharapkan dalam waktu paling lama 4 (empat) minggu semua Fakultas dan PPS sudah dapat menyelesaikan K.O. berbasis KKNI.
4. Perlu segera ditugaskan melalui SK Rektor tentang “Tim Kerja Sama” yang terdiri dari nama-nama yang telah disampaikan oleh Fakultas & PPS serta dari Rektorat untuk merumuskan/menyempurnakan SOP kerja sama yang sudah ada. Tim juga bertugas menyusun draft Renstra kerja sama yang akan memulai kerja sama setidaknya untuk 5 – 10 tahun kedepan. Tim Fakultas/PPS ditugaskan untuk menginventarisasi perjanjian kerja sama yang sudah ada terkait masa berlaku perpanjangan kerja sama maupun implementasinya.
5. Masalah Nisbah Dosen yang masih menjadi kendala bagi keberlangsungan status PTS sehat dan tidak sehat
6. Masalah-masalah terkait dengan kondisi perpustakaan UPDM(B), dimana beberapa hal perlu mendapat perhatian.
7. Masalah-masalah terkait dengan “PDDikti Feeder” dan lain-lainnya yang nanti akan disampaikan melalui Notulen Raker.

IMG_4304IMG_4307 IMG_4326IMG_4339 IMG_4356 IMG_4381
Hari Jum’at setelah sarapan pagi Peserta Raker langsung bersiap untuk berangkat kembali ke Jakarta mengejar Sholat Jum’at dikampus tercinta.

Humas UPDM(B)

COMMENTS

Translate »