JOKOWI MENETAPKAN JALAN MOESTOPO

Di kota pahlawan Surabaya telah terdapat Jl. Prof Dr Moestopo yang melintas di depan kampus FKG Universitas Airlangga. Nama jalan tersebut didedikasikan bagi pahlawan nasional Prof Dr Moestopo,  yang berjasa dalam  perjuangannya terutama dalam pertempuran melawan penjajah pada 10 november 1945 di Surabaya. Sebagaimana diketahui, pertempuran bersejarah tersebut kemudian setiap tahun diperingati sebagai hari pahlawan.  

Kini Gubernur DKI Jakarta, Djoko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, telah pula menetapkan Jl. Mayjen TNI Prof Dr Moestopo.  Keputusan Gubernur DKI Jakarta no 1341 tahun 2014 tertanggal  25 agustus 2014 menetapkan nama jalan Mayjen TNI Prof Dr Moestopo di sepanjang ruas jalan layang non tol antara Antasari – Blok M di Jakarta Selatan.  

Penetapan nama jalan Mayjen TNI Prof Dr Moestopo oleh Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, berdasarkan pertimbangan bahwa beliau merupakan putra bangsa yang berdasarkan Keputusan Presiden telah dianugerahi pahlawan nasional, hingga dalam rangka menghormati jasa kepahlawanan perlu mensosialisasikan seluas-luasnya kepada masyarakat. Dengan demikian akan semakin dikenal  keteladanannya dan menumbuhkan semangat kepahlawanan.  

Di samping sebagai pahlawan nasional, alm Prof Dr Moestopo merupakan seorang dokter gigi yang menjadi tokoh terkemuka di kalangan profesi kedokteran gigi, dan mendirikan Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama).

Fkg-0moestopo

COMMENTS